Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kronologis Terbakarnya Lapas Palopo

Awal terjadinya keributan yaitu sekitar pukul 08.00 wita, Sabtu (14/12/2013)

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Kronologis Terbakarnya Lapas Palopo
TRIBUN TIMUR/ IST
Lapas Palopo Terbakar 

TRIBUNNEWS.COM MAKASSAR,  -Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Komisaris Besar Polisi Endi Sutendi menyampaikan  penjelaskan, awal terjadinya keributan yaitu sekitar  pukul 08.00 wita, Sabtu (14/12/2013) yakni ketika Kepala  Lapas Sri Pamuji yang didampingi oleh Kepala Keamanan Lapas Luter Toding Pandung menjenguk tahanan atas nama Riti alias Herman. Riti merupakan tahanan kasus pencurian yang kerap kali mengganggu tahanan perempuan di lapas.

"Saat itu Kalapas membuka pintu sel di mana Riti di tahan di ruangan khusus sekitar 2 bulan lalu langsung loncat ke luar dari sel kemudian melakukan pemukulan terhadap Kalapas. Pada saat itu juga Riti berteriak memprovokasi rekan tahan yang ada di lapas untuk melakukan pengeroyokan," jelasnya kepada Tribun, Sabtu (14/12/2013).

Pemukulan terhadap Kalapas Palopo tersebut memucu terjadinya keributan dengan pengamanan di dalam Lapas. Sementara Napi berada di luar ruangan tahanan karena kamar tahanan sedang dilakukan pengecatan ikut mengamuk dan melakukan pembakaran gedung lapas.

Saat itu, pintu gerbang Lapas Palopo ditutup dari dalam sehingga petugas Polres Palopo yang diback up Brimob dan TNI tidak bisa masuk ke Lapas tersebut, dan apipun terus merembes dan membakar sebagian banguan.

Endi menjelaskan, saat itu Kapolres berupaya melakukan negosiasi dengan napi yang ada di dalam untuk menghindari korban yang terjadi karena di dalam lapas ada 2 (dua) orang petugas lapas dan 7 orangg pengunjung, dan napi mengancam tidak menjamin keselamatan mereka jika petugas memaksa masuk.

Pada pukul 13.45 wita petugas pengamanan gabungan Polri dan TNI baru  berhasil menguasai situasi. Sebanyak 283 narapidana di Lapas itu dapat dikumpulkan kembali. Sementara petugas pemadam kebakaran juga berhasil memadamkan api yang membakar sebagian gedung Lapas.

BERITA TERKAIT

"Tidak ada korban lainnya selain Kalapas," tambahnya.

Tags:
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas