Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penjualan Kondom Meningkat pada Malam Tahun Baru

Penjualan kondom di apotek dan Toko Modern di sekitaran Jalan Kaliurang mengalami peningkatan saat liburan dan menjelang puncak

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Penjualan Kondom Meningkat pada Malam Tahun Baru
Dokumentasi
Kondom 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Ryantono Puji Santoso

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Penjualan kondom di apotek dan Toko Modern di sekitaran Jalan Kaliurang mengalami peningkatan saat liburan dan menjelang puncak tahun baru 2014 ini. Kebanyakan pembelinya dari kalangan usia produktif.

Pantauan Tribun Jogja (Tribunnews.com Network) di lapangan, dari tiga apotek dan toko modern yang ditanyai perihal penjualan kondom, semuanya mengungkapkan adanya kenaikan penjualan. Seperti yang diungkapkan Rina, seorang pegawai apotek yang berada di sekitar Jalan Kaliurang. Ia menjelaskan, pembeli kondom memang beragam ada dewasa dan banyak dari usia produktif.

"Mereka masih terlihat muda, usia muda produktif," terangnya.

Saat ini stok kondom di apotek yang dijaganya terus berkurang. Terlebih, distributor juga belum menyetorkan lagi ke apoteknya. Pembelian yang meningkat ini, bukan hanya menjelang akhir tahun saja, namun mendekati musim liburan juga meningkat.

"Bukan hanya pas tahun baru, musim liburan juga naik," terangnya, Selasa (31/12/2013).

Kebanyakan pembeli setelah dari apoteknya mereka menuju ke arah utara menuju Kaliurang. Selain Rina, petugas di apotek lain, Susi mengatakan hal yang sama, penjualan kondom di tokonya mengalami kenaikan sekitar 10 persen dari biasanya.

BERITA TERKAIT

Pernyataan sama lainnya diungkapkan oleh Deni, seorang pegawai Toko Modern di kawasan Kaliurang, penjualan di tokonya melonjak sampai 50 persen. Rata-rata dari kondom berbagai merek di tokonya sampai Selasa (31/12/2013) siang sudah setengah habis. Pembelinya menurut Deni terlihat masih muda.

Dalam ruangan toko-toko berukuran 4x4 yang didatangi Tribun Jogja, terlihat wadah untuk kondom kosong setengah. Kondom tersebut dari berbagai merek. Kebanyakan pembeli membeli kondom pagi hari dan malam hari.

Ketua Ikatan Apotek Indonesia wilayah Yogyakarta Nunut Rubianto saat dihubungi wartawan via telepon menjelaskan, sejak awal liburan dan tahun baru dimulai sudah terlihat adanya peningkatan pembelian kondom di wilayah Yogyakarta.

Dari pengamatan Nunut, lonjakan penjualan kondom tidak hanya terjadi pada musim seperti liburan perayaan seperti ini. Saat liburan biasa seperti hari Sabtu dan Minggu, penjualan kondom juga mengalami peningkatan. Pembelinya memang dari berbagai kalangan, namun ada juga anak baru gede (ABG) yang membeli.

Namun, tidak semua apotek, peningkatan terjadi di apotek-apotek yang berada di kawasan pariwisata seperti di daerah Kaliurang dan Parangtritis.

"Apotek yang berada di daerah pariwisata pasti penjualannya melonjak," papar Nunut, Selasa (31/12/2013).

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas