Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Ratu Sabu Dumai' Diancam 16 Tahun Penjara

Akhirnya setelah kali ketiga ditunda, tuntutan terhadap "Ratu Sabu Dumai", Nopiana, dibacakan Kamis (6/2/2014) siang.

zoom-in 'Ratu Sabu Dumai' Diancam 16 Tahun Penjara
tribunpekanbaru/Fernando
Nopiana saat menjalani Sidang di Pengadilan Negeri Dumai 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Fernando

TRIBUNNEWS.COM, DUMAI - Akhirnya setelah kali ketiga ditunda, tuntutan terhadap "Ratu Sabu Dumai", Nopiana, dibacakan Kamis (6/2/2014) siang.

Dalam agenda pembacaan tuntutan, Mona, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Perkara Nopiana, menuntut wanita asal Jambi dengan hukuman penjara selama 16 tahun.

Menurutnya, ibu rumah tangga yang kedapatan membawa sabu seberat 1,6 kilogram dari Malaysia itu, terbukti sah dan meyakinkan bersalah.Karenanya, harus dituntut berat atas perbuatannya.

Apalagi, upaya yang dilakukannya merupakan satu bentuk impor narkotika golongan satu, jenis sabu.

Terdakwa juga dikenakan Pasal 113 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkoba, dengan ancaman maksimal bagi pengimpor narkotika yakni 17 tahun.

Namun, setelah mempertimbangkan beberapa hal, pihak JPU lantas menyampaikan tuntutan pada terdakwa yakni hukuman penjara 16 tahun.

BERITA TERKAIT

"Jadi, hal itulah yang memberatkan terdakwa. Perbuatan itu juga jadi pertimbangan JPU dalam mennyampaikan tuntutan," jelas Mona.

Walau demikian, JPU menuturkan bahwa Nopiana punya sisi meringankan. Yakni ia belum pernah menjalani hukuman penjara, dan ibu satu anak itu sudah menyesali perbuatannya.

Rencananya, pada pekan depan majelis hakim Pengadilan Negeri Klas 1 B Dumai bakal menggelar sidang lanjutan. Yakni dengan agenda pembacaan vonis atau putusan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas