Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Garuda Pastikan Pesawat Siap Terbang Rabu

Selama dua hari sebelumnya penerbangan ke kota tersebut dihentikan karena hujan abu Gunung Kelud

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Garuda Pastikan Pesawat Siap Terbang Rabu
Pesawat Garuda mendarat 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Maskapai Garuda Indonesia siap membuka penerbangan dari dan ke Jakarta, Bali dan Balikpapan untuk para traveler. Selama dua hari sebelumnya penerbangan ke kota tersebut dihentikan karena hujan abu Gunung Kelud.

"Kalau dari sisi armada, kami sudah ready untuk penerbangan pertama esok hari, tinggal menunggu otoritas bandara apakah sudah aman untuk diterbangi atau belum," kata General Manager Garuda Branch Office Yogyakarta, Muhammad Anshori, Senin (17/2/2014).

Mengenai keamanan armada, Anshori mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan pesawat-pesawat yang sempat terpapar abu vulkanik.

"Kami datangkan tiga enginering dari Garuda Maintenance Facility Jakarta, lewat jalan darat. Mereka sudah memastikan kelayakan pesawat untuk terbang kembali," paparnya.

Berkaitan dengan pembatalan penerbangan, Garuda menerapkan kebijakan kepada para penumpang yang melakukan perubahan jadwal penerbangan atau melakukan refund tiket, tidak dikenakan biaya yang biasanya berlaku pada situasi penerbangan normal.

Diakui Anshori penumpang Garuda yang penerbangannya batal terhitung lebih banyak yang refund dibandingkan yang mengalihkan jadwal, karena dengan ditutupnya bandara artinya tidak ada satu pesawat pun yang terbang.

BERITA TERKAIT

"Refund sudah kami layani sejak adanya pembatalan penerbangan di semua kantor pelayanan Garuda. Hak refund bisa kapan saja asal membawa bukti penerbangan," imbuhnya.

Sementara ketika ditanyakan berapa kerugian yang dialami maskapai pelat merah itu akibat penutupan bandara Adisutjipto Yogyakarta, Anshori enggan menyebutkan.

"Banyak komponennya, banyak tidak hanya refund saja, belum bisa kami rincikan," ujarnya.

Pihaknya memastikan saat Bandara Adisutjipto sudah diperkenankan untuk diterbangi, Garuda akan langsung beroperasi penuh. Adapun rute-rute penerbangan Garuda dalam sehari meliputi 10 kali untuk Yogya-Jakarta (PP), 3 kali untuk Yogya-Denpasar (PP) dan 1 kali Yogya-Balikpapan.

Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Andy G Wirson memastikan Bandara Adisutjipto baru bisa dibuka normal Rabu (19/2/2014), setelah sebelumnya diperkirakan bakal dibuka pada Selasa (18/2/2014).

"Untuk pembersihan sudah seluruhnya, kami mengambil jeda waktu sehari untuk melakukan final check," jelasnya.(vim)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas