Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gunung Bromo Setahun Berstatus Waspada: Turis Lokal-Mancanegara Terus Berdatangan

perut Bromo saat ini masih terus bergolak. Gempa tremor yang terjadi setiap hari menjadi tandanya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Gunung Bromo Setahun Berstatus Waspada: Turis Lokal-Mancanegara Terus Berdatangan
infobatumalang.blogspot.com
Gunung Bromo menyemburkan abu dan asap tebal 

TRIBUNNEWS.COM, PROBOLINGGO - Gunung Bromo menjadi gunung berapi aktif  di Jatim yang paling banyak dikunjungi turis (wisatawan). Aktivitas vulkanologi, yang sewaktu-waktu bisa membahayakan justru menjadi daya tarik kuat, terutama aktivitas kawah yang terus bergolak.

Keindahan panorama alam sekitar makin melengkapi daya pikat gunung yang berada satu deretan dengan Gunung Semeru itu. Turis lokal dan mancanegara terus berdatangan. Lebih-lebih saat berlangsungnya perayaan Kasada,  yang digelar suku Tengger di sana.

Status waspada yang disematkan sejak 3 Oktober 2012 silam tak menyurutkan animo turis. Kalau pun terjadi penurunan turis dalam dua pekan terakhir, itu sama sekali tidak terkait status waspada Gunung Bromo. Penurunan pengunjung  disebabkan erupsi gunung Kelud, yang membuat kawasan sekitar Bromo ikut tertutup hujan debu.

Terhitung sejak Oktober 2012, status waspada Bromo itu sudah berlangsung hampir satu setengah tahun. Tidak ada tanda-tanda status akan meningkat. Namun juga tidak pernah turun.

Moh Syafii,  Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Bromo di Dusun Cemoro Lawang menjelaskan,  perut Bromo saat ini masih terus bergolak. Gempa tremor yang terjadi setiap hari menjadi tandanya.

Namun tremor sebesar 0,5  hingga 1 milimeter itu tidak bisa dirasakan di permukaan. Gempa dari perut bumi sedalam  20 kilometer ini hanya bisa tangkap dengan amplitudo.

BERITA TERKAIT
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas