Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belasan Rumah Warga di Muntilan Rusak Diterjang Angin Kencang

Selain itu, sejumlah pohon juga tumbang menimpa rumah dan mengganggu akses warga

zoom-in Belasan Rumah Warga di Muntilan Rusak Diterjang Angin Kencang
dok
ilustrasi puting beliung 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Hujan deras disertai angin kencang membuat belasan rumah di Kecamatan Muntilan, Salam dan Ngluwar rusak di bagian atap, Selasa (18/3/2014) sore. Selain itu, sejumlah pohon juga tumbang menimpa rumah dan mengganggu akses warga.

Dua rumah warga di Desa Sirahan, Kecamatan Salam, rusak tertimpa pohon yakni milik Ahmad Warsito (50) di Dusun Gemampang dan Mangku Sutrisno di Dusun Gedolon. Rumah Ahmad Warsito tertimpa pohon rambutan sementara rumah Mangku Sutrisno tertimpa tiga pohon sekaligus. Satu korban lagi yakni Mundakir, warga Dusun Karangsanggrahan, Desa Plosogede, Kecamatan Ngluwar.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo mengatakan, tim SAR bersama komunitas relawan telah menyingkirkan pohon dengan gergaji mesin untuk memotong dahan pohon.

"Ada beberapa yang belum selesai ditebang, karena kami khawatir merusak tembok. Maka, pembersihan akan kami lakukan lagi, Rabu (19/3/2014) besok," ujar Joko, Selasa (18/3/2014) petang.

Dia memaparkan, kerusakan bagian atap paling banyak karena angin berada di Dusun Sabrangkali, Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar. Rumah yang rusak diantaranya milik Abdul Ngazis, Rohman, Sutarman, Nadori, Robit, Sodikun, Robil, Dalroni dan lainnya.

Selain itu, dua rumah milik Riyadi dan Subakir di Dusun Salakan, Desa Sirahan juga mengalami kerusakan di bagian atap. Di wilayah tersebut, sejumlah kandang ayam juga diketahui mengalami kerusakan.

BERITA REKOMENDASI

"Kami masih terus melakukan pendataan. Untuk kerugian belum diketahui. Kita lanjutkan pendataan dan evakuasi Rabu pagi. Termasuk, kita siapkan bantuan yang diperlukan," ujar Joko.

Selain angin kencang, sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang juga dilanda hujan es sekitar pukul 15.30. Petugas SAR Kabupaten Magelang , Zaenal Arifin mengatakan hujan es turun bersama angin kencang di sekitar wilayah Kelurahan Sawitan, Kecamatan Mungkid, dan sebagian Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan.

Sejumlah warga dan relawan sedang membersihkan pohon yang menimpa rumah milik warga di Kecamatan Ngluwar, Selasa (18/3/2014) sore.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas