Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Calon Dokter di Malang Melakukan Demo Anti Rokok

Kami ingin mendorong pemerintah menyediakan ruang bebas asap rokok,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Safitri Nindya pada SURYA(Tribunnews.com Network)

zoom-in Calon Dokter di Malang Melakukan  Demo Anti Rokok
surya/adrianus adi
Ratusan mahasiswa kedokteran menggelar aksi depan Balai Kota Malang, Sabtu (31/05/2014). Mereka menuntut penyediaan ruang bebas asap rokok di tempat umum, seperti taman, terminal dan stasiun. 

TRIBUNNEWS.COM, MALANG – Ratusan mahasiswa kedokteran menggelar aksi depan Balai Kota Malang, Sabtu (31/05/2014).

Mereka menuntut penyediaan ruang bebas asap rokok di tempat umum, seperti taman, terminal dan stasiun.

Para mahasiswa ini berasal dari Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia di Malang.

Mereka berasal dari tiga Perguruan Tinggi di Malang, yakni Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang.

“Kami ingin mendorong pemerintah menyediakan ruang bebas asap rokok,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Safitri Nindya pada SURYA(Tribunnews.com Network)  , Sabtu siang.

”Kami juga meminta agar pajak rokok dinaikkan,” tambahnya.

Tuntutan ini, kata mahasiswi jurusan kedokteran UB ini disebabkan karena rokok juga berdampak pada kesehatan masyarakat yang tidak perokok.

Untuk itu mereka mendesak pemkot menyediakan ruang bebas asap rokok di berbagai tempat umum.

Dalam aksi tersebut para mahasiswa ini juga membawa berbagai poster. Tulisan dalam poster ini diantaranya, ’Merokok = bakar duit’, ‘Rokok matikan sekarang!’, ‘Perokok adalah pembunuh bangsa’, ‘Merokok menyebabkan kematian pemuda’ dan tulisan lainnya yang berisi himbauan tidak merokok.

Selain itu, adapula poster besar bertuliskan: ‘No Smoking Day. Aksi damai tanpa rokok 2014’. “Aksi ini dalam rangka memperingati hari tanpa rokok sedunia,” kata Safitri.

Ia mengatakan aksi serupa juga digelar di berbagai kota besar di Indonesia, yakni Surabaya, Jember, Makasar, Palu, Bali, Mataram dan Papua.

Selain menggelar kegiatan ini, para mahasiswa kedokteran ini juga menggelar malam seni anti rokok di Bundaran Simpang Balapan, Malang. Aksi ini mulai berlangsung pada Sabtu malam.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas