Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pantai Talang Siring Pamekasan Penuh Sampah dan Jorok

“Saya sebetulnya tidak ada niatan buang air kecil, hanya pura-pura saja karena mau lihat kondisi kamar kecilnya dan sangat kotor,” terangnnya.

zoom-in Pantai Talang Siring Pamekasan Penuh Sampah dan Jorok
Net
Pantai Talang Siring, di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, kini kondisinya memprihatinkan 

TRIBUNNEWS.COM,PAMEKASAN - Pantai Talang Siring di Pamekasan yang diharapkan bisa menarik wisatawan asing dna luar negeri ternyata jauh dari harapan.


Bupati Pamekasan, Achmad Syafii heran ketika melihat wisata pantai Talang Siring, di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, kondisinya sangat kumuh.

Di beberapa sudut pantai dan lokasi wisata, banyak ditemukan tumpukan sampah, rerumputan dan fasilitas yang rusak serta tidak terawat.

Fasilitas yang rusak di antaranya atap kantor yang retak, mushala yang kotor, kamar mandi dan beberapa fasilitas bermain anak-anak yang kumuh.

“Kalau soal pembenahan infrastruktur mudah karena ada uangnya. Yang saya herankan lingkungannya jorok dan banyak sampah dimana-mana,” katanya, Senin (30/6/2014).

Syafii mencontohkan, ketika pertama kali masuk ke kamar kecil, baunya pesing dan sangat kotor.

Bahkan Syafii menduga fasilitas itu tidak pernah dibersihkan.

“Saya sebetulnya tidak ada niatan buang air kecil, hanya pura-pura saja karena mau lihat kondisi kamar kecilnya dan sangat kotor,” terangnnya.

Untuk membersihkan tempat wisata yang sudah menghabiskan anggaran Rp 4 miliar selama dua tahun berturut-turut itu, Syafii sudah memerintahkan Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai Talang Siring. Sebab hal itu masih dianggap tanggung jawab mereka.

Syafii sendiri bertekad akan terus mengembangkan wisata pantai Talang Siring dan tempat wisata pantai lainnya di Pamekasan.

Namun ia masih membutuhkan konsep dan perencanaan yang matang. Pihaknya beralasan, pembangunan sektor pariwisata tanpa didukung oleh kesadaran sumber daya manusianya, akan sia-sia.

“Untuk memulainya, beberapa produk unggulan Kabupaten Pamekasan sudah dipasarkan di Talang Siring. Ke depan akan dibuat lebih bagus lagi agar wisatawan yang datang ke Pamekasan betah dan terkesan untuk kembali berkunjung,” tandasnya.

Tags:
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas