Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Baduy Hanya Minta Keamanan

Warga yang berada di sebelah barat Pulau Jawa ini hanya menginginkan terciptanya kondisi keamanan yang stabil.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Warga Baduy Hanya Minta Keamanan
Kompas.com
ILUSTRASI : Warga Baduy 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN- Sejumlah visi misi dan program kerja yang dipaparkan kedua pasangan  Capres Cawapres menjelang pemilihan presiden 9 Juli mendatang, tidak membuat warga suku Baduy tertarik.

Warga yang berada di sebelah barat Pulau Jawa ini hanya menginginkan terciptanya kondisi keamanan yang stabil.

Di Desa Kanekes, tempat warga Baduy tinggal, Daulan sang kepala  desa menuturkan bahwa keamanan merupakan keinginan utama, karena keberlanjutan hidup dan  adat istiadat warga Baduy tercipta apabila adanya kondisi aman.

"Kami tidak perlu apa apa, warga di sini (Baduy) hanya meminta keamanan. Sehingga warga bisa dengan aman berusaha dan beraktifitas," ujar Daulan, Kepala Desa Kanekes, Lebak, Banten, (5/7/2014).

Di bawah samar samar penerangan "damar" (lampu tempel) pria 55 tahun tersebut bercerita bahwa kondisi tidak aman pernah membawa warga Baduy dalam kesulitan.

Kejadian tersebut terjadi pada periode 1999-2000. Masa transisi dari orde baru ke reformasi membuat tumbuh berkembangnya premanisme di sekitar wilayah Kanekes dan berimbas pada kehidupan warga suku Baduy.

BERITA TERKAIT

"Tahun 1999-2000 tahun yang sulit, banyak preman datang ke sini, untuk meminta jatah atau mengganggu kehidupan warga," ujar Daulan.

Dengan tatapan menerawang, Daulan bercerita tentang kejadian 15 tahun lalu. Menurutnya banyak preman dari berbagai organisasi datang kerumahnya. Kedatangan  Lima hingga enam orang tersebut, bertujuan untuk meminta jatah.

"Sekitar lima sampai enam orang datang ke sini, duduk di depan rumah berputa pura mengajak ngobrol, ngopi, ngerokok, pada akhirnya meminta jatah," ujar Daulan.

Daulan menuturkan saat itu dia memberanikan diri untuk bersikap tegas dan menolak apa yang mereka inginkan. Karena menurutnya apabila permintaan mereka dituruti, maka kejadian akan berulang, dan preman tersebut akan kembali mendatangi desanya.

"Meski preman tersebut pergi, namun  warga Baduy sering dipalak sehabis menjual hasil berladangnya, padahal itu satu satunya sumber mata pecarian" ujar Daulan.

 Daulan sangat berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali. Terpilihnya presiden mendatang jangan membuat kejadian di awal masa kepemimpinanya di Kanekes kembali datang.

"Jangan sampai warga yang berladang di palak. Kondisi seperti  sekarang buat kami cukup, warga dapat beraktifitas dan melanjtkan usahanya," ujar daulan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas