Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ASDP Ketapang Siagakan 44 Armada Kapal Untuk Lebaran

" Dari 44 kapal ASDP Ketapang, kemungkinan jumlah kapal yang akan diefektifkan selama arus mudik dan balik Lebaran sebanyak 36 armada sambil melihat p

zoom-in ASDP Ketapang Siagakan 44 Armada Kapal Untuk Lebaran
Surya/Wahyu Nurdiyanto
Penyeberangan menuju Bali dari Pelabuhan Ketapang, Jumat (21/3/2014) ditutup untuk sementara karena angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - Guna memperlancar arus mudik lebaran khususnya bagi pengguna kapal penyebrangan di Katapng- Gilimanuk, bakal ada tamabahan kapal.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, menyiagakan 44 armada kapal untuk melayani penumpang arus mudik dan balik selama angkutan Lebaran 2014.

Sebanyak 44 armada kapal tersebut terdiri dari 21 kapal penumpang yang dioperasikan di Dermaga Mobil Bridge (MB) Ponton dan 23 kapal barang dioperasikan melalui dermaga "Landing Craft Macine (LCM).

" Dari 44 kapal ASDP Ketapang, kemungkinan jumlah kapal yang akan diefektifkan selama arus mudik dan balik Lebaran sebanyak 36 armada sambil melihat perkembangan situasi," tutur Manajer Operasional  PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang Saharudin Kotto, Senin (21/7/2014).

Menurut dia, pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana di Pelabuhan Ketapang, baik dari kapal maupun dermaga yang akan beroperasi selama masa angkutan Lebaran.
    
"Seluruh armada yang ada telah melakukan proses perbaikan (docking) kapal, sehingga sebanyak 36 kapal telah siap melayani penumpang dan diharapkan tidak ada kendala selama perjalanan arus mudik dan balik Lebaran," ucapnya.
   
Selain menyiapkan armada kapal dalam kondisi baik, aktivitas bongkar muat kapal juga akan dipercepat dari 15 menit menjadi 10 menit untuk menghindari antrian panjang dan kemacetan di pelabuhan.
    
Ia menjelaskan lonjakan penumpang terjadi dari Pelabuhan Gilimanuk (Jembrana, Bali) menuju Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi, Jatim) selama arus mudik karena sebagian besar warga asal Pulau Jawa bekerja di Pulau Bali.
     
"Biasanya pemudik yang bekerja di Pulau Bali menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung ke Pulau Jawa, sehingga diprediksi jumlah kendaraan roda dua itu meningkat tajam jelang Lebaran," katanya. (ant)

BERITA TERKAIT
Sumber: Antara
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas