Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Test Narkoba Supir dan Kernet Angkutan Lebaran di Samarinda Tetap Jalan

Jelang hari raya Idul Fitri 1435 H, Pemkot Samarinda kembali mendirikan tujuh posko angkutan mudik lebaran 2014.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Test Narkoba Supir dan Kernet Angkutan Lebaran di Samarinda Tetap Jalan
Warta Kota/Nur Ichsan
UJI KELAYAKAN ANGKUTAN LEBARAN - Petugas dari Dirjen Perhubungan Darat bersama Dishub Kota Tangerang Selatan melakukan uji kelayakan angkutan lebaran di Pool Bis Kramat Djati, Pamulang, Selasa (15/7). Ini dilakukan untuk memastikan kendaraan angkutan lebaran ini aman dan nyaman ditumpangi calon pemudik, sekaligus untuk meminimalisir angka kecelakaan. Warta Kota/nur ichsan 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Jelang hari raya Idul Fitri 1435 H, Pemkot Samarinda kembali mendirikan tujuh posko angkutan mudik lebaran 2014.

Posko tadi, untuk darat ada di terminal Sungai Kunjang,  terminal Lempake dan Samarinda Seberang. Sementara untuk angkutan air ada di  Dermaga Sungai Kunjang, Pasar Pagi dan Samarinda Seberang.

Pendirian posko ini merupakan agenda rutin Pemkot Samarinda setiap H-7 sebelum lebaran dan H+7 setelah lebaran. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan maupun informasi kepada calon penumpang yang memanfaatkan angkutan umum sebagai transportasi mudik maupun datang pada saat  lebaran.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang dalam arahannya ketika meresmikan posko di terminal Sungai Kunjang, Senin (21/7/2014) menginginkan agar keberadaan posko tadi setidaknya untuk membantu kelancaran arus penumpang antar daerah.

Mengingat dalam kondisi arus mudik kata Jaang, pada umumnya tingkat berpergian warga maupun yang datang biasanya lebih sedikit meningkat dari hari biasanya.

Berdasarkan laporan kata Jaang, karena selain menggunakan angkutan umum, warga juga lebih banyak memanfaatkan kendaraan pribadi untuk berpergian.

BERITA TERKAIT

"Tapi untuk kota Samarinda sendiri menurut keterangan Dishub  untuk darat tidak mengalami lonjakan," katanya.

Kendati demikian, khusus untuk angkutan umum, Pemerintah  tetap mengedepankan kendaraan yang laik pakai untuk transportasi mudik kali ini.

Termasuk juga  pemeriksaan urine bagi supir dan kernet bis tujuannya guna memberi rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa angkutan selama musim lebaran 2014.

"Selain itu kita juga telah menyiapkan posko kesehatan bagi pemudik secara cuma-cuma bagi pemudik yang mungkin ingin beristirahat selama mengemudi," kata Jaang.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama Wali Kota juga menyempatkan untuk hadir dalam gelar apel ketupat jelang  lebaran di markas besar Poltabes Samarinda.

Selain meresmikan posko angkutan mudik, Jaang menyempatkan  diri meninjau kesiapan dermaga Sungai Kunjang dalam melayani angkutan air ke luar daerah.

"Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah pusat yang telah mengucurkan dana melalui APBN untuk merenovasi memperbaiki sisi air di dermaga ini," kata Jaang.

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas