Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Guest House di Sleman Sold Out, Jelang Lebaran

“Untuk tanggal 29 nya di tempat kami sudahh terisi 80 persen,” ungkap Siyam, Kamis (24/7).

zoom-in Guest House di Sleman Sold Out, Jelang Lebaran
TRIBUN JABAR/KEMAL SETIA PERMANA
ILUSTRASI VILA – Penginapan berbahan kayu 

TRIBUNNEWS.COM,YOGJA- Tiga hari menjelang Idul Fitri, beberapa Guest House di Yogyakarta mengalami peningkatan jumlah hunian.

Bahkan untuk hari-hari tertentu beberapa guest house sudah penuh.

Rumah Palagan, Guest House yang terletak di dusun Mudal, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kbupaten Sleman, untuk tanggal 30 dan 31 Juli 2014 sudah penuh dibooking oleh masyarakat yang meraykan lebaran di Yogyakarta.

Dijelaskan oleh Siyam Mugereni selaku resepsionis Rumah Palagan, untuk hari tanggal 28 Juli, Guest House yang memiliki 14 kamar tersebut baru terisi 40 persen.

“Untuk tanggal 29 nya di tempat kami sudahh terisi 80 persen,” ungkap Siyam, Kamis (24/7).

Dijelaskan oleh Siyam, untuk setiap moment Idul Fitri pasti ada peningkatan jumlah hunian, tetapi jika dibandingkann dengann Idul Fitri tahun lalu, jumlah pemesanan kamar dirasakan menurun.

“Untuk tahun ini pas hari H lebaran masih ada kamar yang belum terisi, untuk tahu lalu seminggu menjelang lebaran kamar sudah hampir terisi semua,” kata Siyam.

BERITA TERKAIT

Untuk tarif kamar selama Idul Fitri tahun ini mengalami kenaikan Rp.100 ribu disemua tipe kamar. Rumah palagan memasang tarif mulai dari Rp.395 ribu per malam untuk kamar tipe standar hingga Rp. 585 ribu untuk tipe kamar presidential.

Peningkatan jumlah hunian juga dirasakan oleh Gust House Ndalem Padma Suri. Gust House yang terletak di Jalan Padma No.23 Sariharjo, Ngaglik, Sleman tersebut pada tanggal 27 Juli hingga 1 Agustus 2014 telah terisi penuh oleh keluarga yang mudik ke Yogykarta.

Yanti Buana selaku pemilik Ndalem Padma Asri menjelaskan, pemesanan kamar di guest house miliknya telah dilakukan dua bulan sebelum Idul Fitri.

“Kami memiliki pelanggan yang tiap lebaran tiba selalu mneginap di tempat kami. Mereka biasanya memesan kamar jauh-jauh hari karena takut kehabisan kamar,” terang Yanti.

Guest house yang berdiri sejak 2010 ini mempunyai tjuh kamar dengan tiga kelas. Sama seperti Rumah Palagan, Ndalem Padma Asri juga menaikan tarif Rp.100 ribu untuk semua tipe kamar.

Untuk kamar standart bertarif Rp. 395 ribu per malam. Sedangkan yang paling mahal, tipe suite bertarif Rp.550 ribu per malam.

Kenaikan tarif tersebut berlaku H-2 hingga H+2 Idul Fitri.

“Walaupun saat ini banyak berdiri hotel baru, tetapi kami tidak takut kehilangan pelanggan. Guest house kami menawarkan kenyamanan layaknya dirumah sendiri, sehingga banyak pelanggan yang merasa betah dan nyaman menginap di sini,” ungkap Yan

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas