Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tronton Bisa Lewati Jembatan Comal Tunggu Pemasangan Shoring

Tambahan alat didatangkan guna mempercepat pemasangan tiang pancang untuk jembatan Comal, Pemalang, Rabu (13/8/2014).

Editor: Y Gustaman
zoom-in Tronton Bisa Lewati Jembatan Comal Tunggu Pemasangan Shoring
Tribun Jateng/Hermawan Endra
Pekerja mengoperasikan alat untuk memasang tiang pancang di jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Selasa (12/8/2014). Guna mempercepat pemasangan tiang pancang, P2JN Jawa Tengah mendatangkan satu alat lagi. 

Laporan Tribun Jateng, Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNNEWS.COM, PEMALANG - Tambahan alat didatangkan guna mempercepat pemasangan tiang pancang untuk jembatan Comal, Pemalang, Rabu (13/8/2014). Demikian ujar Konsultan Supervisi Satuan Kerja Pelaksana dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Jawa Tengah, Ari Budiman.

Ari menjelaskan, alat atau palu yang digunakan untuk pemasangan tiang pancang perbaikan jembatan comal hanya ada satu. Dengan tambahan satu hummer, diharapkan proses pemasangan tiang pancang untuk penguatan jembata Comal bisa rampung cepat.

Rencananya sebanyak delapan buah tiang pancang dipasang di jembatan Comal B (sisi Utara). Fungsi tiang pancang itu nantinya untuk menyangga shoring (penopang) yang melintang di bawah jembatan. Masing-masing sisi akan dipasang empat tiang pancang.

Kedalaman tiap satu tiang pancang mencapai 36 meter. Hingga Selasa (12/8/2014) siang, empat tiang pancang di sisi utara jembatan telah selesai dipasang. Dia optimistis kapasitas daya dukung Jembatan Comal sisi utara akan kembali normal setelah dipasangi shoring (penopang).

Jika tidak ada kendala, pemasangan shoring pada struktur pilar bagian barat Jembatan Comal sisi Utara ditargetkan rampung pada awal pekan depan.

Jembatan Comal sisi utara masih dalam perbaikan darurat, dan hanya bisa dilalui kendaraan kecil dan bus. Sedanglan truk berat di atas 10 ton harus dialihkan ke jalur selatan. Kendaraan berat dimungkinkan dapat melintas setelah pemasangan shoring.

BERITA TERKAIT

Siang ini, Bina Marga memasang tiang pancang di sisi selatan Jembatan Comal Utara. "Sambil memperbaiki jembatan Comal sisi utara, kami juga mengerjakan perbaikan jembatan Comal sisi selatan. Kalau menunggu utara selesai, kelamaan" imbuhnya.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas