Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

300 Warga Sambutan Terima Sertifikat Tanah

Sebanyak 300 sertifikat tanah jatah dari Program Nasional Daerah (Pronada) yang diperuntukan bagi warga Kecamatan Sambutan

Editor: Sugiyarto
zoom-in 300 Warga Sambutan Terima Sertifikat Tanah
Warta Kota/adhy kelana/kla/kla
ILUSTRASI 

Warga Sambutan Terima 300 Sertifikat Tanah

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Sebanyak 300 sertifikat tanah jatah dari Program Nasional Daerah (Pronada) yang diperuntukan bagi warga Kecamatan Sambutan akhirnya diserahkan di Kantor Camat Sambutan, Kamis (28/8/2014).

Penyerahan secara simbolis tersebut dilakukan lanhsung Walikota Samarinda Syaharie Jaang. Untuk diketahui, untuk tahun 2014 ini ada sebanyak 3000 peningkatkan Surat Tanah Pelepasan Hak (STPH) menjadi sertifikat  yang siap diserahkan untuk warga yang tersebar  di 10 Kecamatan di Samarinda.
 
Program ini sendiri diperuntukan bagi masyarakat tidak mampu. Dimana negara membantu dalam hal pembebasan biaya pembuatan sertifikat kepemilikan sebidang tanah yang diajukan melalui kelurahan, ditembuskan ke kecamatan dan kemudian didaftarkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).   

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang mengakui, pengurusan sertifikat tanah tidaklah mudah dan juga membutuhkan waktu.

"Untuk itu harapan saya sertifikat yang telah diterima hari ini melalui program pronada agar bisa disimpan  baik-baik, karena untuk mendapat sertifikat ini tidak mudah," kata Jaang.

Pemerintah sendiri menurutnya, mempunyai kewajiban untuk memastikan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk memiliki tanah yang dapat diolah untuk menopang kehidupan.

Untuk itu, dirinya mengharapkan warga tadi tidak kehilangan akses atas tanah hanya karena desakan investasi ataupun kepentingan lainya.

"Untuk itu melalui program ini kita utama bagi warga yang memang betul-betul bisa memanfaatkan sebidang tanahnya tadi untuk  menunjang ekonominya dalam membangun tempat usaha maupun berkebun," kata Jaang.  

Sebaliknya, ia juga memberikan apresiasi kepada warga  yang telah mewakafkan sebidang tanahnya tadi untuk menunjang sarana dan prasarana  lingkungan bersih dan sehat melalui pemilahan Bank Sampah.

"Seperti yang telah dilakukan oleh keluarga H Harbiansyah yang telah mewakafkan sebidang   tanahnya  untuk menunjang program hijau bersih dan sehat, tentu  Pemerintah mengucapkan terima kasih," kata Jaang.

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas