Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Susunan Batubata Kuno Bagian Kerajaan Sriwijaya Ditemukan

Dari ekskavasi atau penggalian yang dilakukan di area Bukit Siguntang Palembang, tim ekskavasi menemukan susunan batubata kuno.

Susunan Batubata Kuno Bagian Kerajaan Sriwijaya Ditemukan
Sriwijaya Post/Welly Hadinata
Dua mahasiswa yang tergabung dalam tim ekskavasi dari Balai Arkeologi Palembang saat melakukan penggalian di area Situs Bukit Siguntang Palembang. 

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Penguatan Kerajaan Sriwijaya berlokasi di Palembang semakin terbukti. Dari ekskavasi atau penggalian yang dilakukan di area Bukit Siguntang Palembang, untuk kesekian kalinya tim ekskavasi dari Balai Arkeologi Palembang kembali menemukan susunan batubata kuno.

Pantauan Sriwijaya Post (Tribunnews.com Network), Rabu (26/11/2014), tim kembali melakukan penggalian pada dua titik area di kawasan Bukit Siguntang. Titik pertama pada sebelah timur dan sebelah barat. Pada penggalian di sebelah barat bagian atas Bukit Siguntang, tim menemukan struktur susunan batu bata kuno yang tertata rapi. Temuan struktur batu bata kuno berbeda dengan titik penggalian lainnya.

Tampak kumpulan batu bata kuno tersusun rapi yang membentuk sebuah struktur bangunan utuh bagian atas.

"Sementara ini belum bisa disimpulkan bangunan apa yang ditemukan, namun struktur yang ditemukan tertata rapi dan masih utuh. Dugaan bangunan ini merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya pada masa abad ketujuh sampai abad ke 10," ujar Wahyu Risky, peneliti situs yang tergabung dalam tim ekskavasi Balai Arkeologi Palembang.

"Penggalian akan terus kita lakukan pada beberapa titik yang sudah dipetakan sebelumnya. Kemungkinan penggalian akan membentuk pola struktur. Sampai saat ini penggalian kita lakukan dua speed dengan kedalaman mencapai sekitar 50 cm. Penggalian dilakukan selama 12 hari," ujarnya.

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas