Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

1.200 Penari Gandrung Banjiri Pantai Boom Banyuwangi

"Seblang Shubuh ini adalah bagian dari tarian Gandrung yang sudah masuk dalam warisan budaya tak benda yang sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan

zoom-in 1.200 Penari Gandrung Banjiri Pantai Boom Banyuwangi
SUGIHARTO
Sebanyak 2106 penari menunjukkan kebolehannya dalam pagelaran Paju Gandrung Sewu pada Festival Banyuwangi 2013 di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/11/2013). SURYA/SUGIHARTO 

TRIBUNNEWS.COM,BANYUWANGI - Gelar Festival Gandrung Sewu oleh Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berlamgsung siang ini, Sabtu (29/11/2014).

Acara yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival 2014 tersebut akan dilaksanakan di Pantai Boom Banyuwangi dan melibatkan sekitar 1.200 penari Gandrung.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yanuarto Bramuda menjelaskan tema Festival Gandrung Sewu tersebut mengangkat tema Seblang Shubuh.

"Seblang Shubuh ini adalah bagian dari tarian Gandrung yang sudah masuk dalam warisan budaya tak benda yang sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Inti dari tarian tersebut adalah bagaimana manusia memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa," jelasnya.

Bramuda menjelaskan, Festival Gandrung Sewu tahun ini adalah tahun ketiga yang di gelar Pemkab Banyuwangi.

"Tahun kemarin temanya adalah Paju Gandrung, yaitu menari secara berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Dan semua bisa datang karena acara ini digelar secara gratis untuk masyarakat umum. Apalagi tempatnya di Pantai Boom yanng berlatar belakang Selat Bali saat menjelang senja," pungkasnya.

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas