Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Badai Tropis Hagupit di Filipina Nelayan Sulut Diminta Waspada

Nelayan dan kapal-kapal yang akan beraktivitas di perairan utara Sulawesi Utara (Sulut) diimbau agar memperhatikan tinggi gelombang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Badai Tropis Hagupit di Filipina Nelayan Sulut Diminta Waspada
BMKG
Tiga bibit badai tropis terdapat di sekeliling Indonesia, satu berada di pasifik sebelah utara Papua Nugini, dua lainnya di selatan Indonesia, tepatnya di selatan Nusa Tenggara Timur dan Teluk Carpentaria, Australia. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Herviansyah

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Nelayan dan kapal-kapal yang akan beraktivitas di perairan utara Sulawesi Utara (Sulut) diimbau agar memperhatikan tinggi gelombang.

"Berdasarkan informasi peringatan gelombang tinggi dari Stasiun Maritim Bitung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk esok hari (Senin), pada Laut Sulawesi tinggi gelombang mencapai 1,5 hingga 3,5 meter, perairan Sangihe Talaud 2 hingga 4 meter, perairan Utara Sulut 1,5 hingga 3 meter, perairan Selatan Sulut 1,2 hingga 2,5 meter," ujar Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara (Sulut) Stasiun Sam Ratulangi Farid Mufti, Jumat (5/12/2014).




Hal ini terjadi akibat pengaruh badai Hagupit yaitu membuat angin bertiup cukup kencang pada siang hari. Angin kencang yang terjadi berdampak pada tinggi gelombang yang cukup ekstrem di beberapa perairan Sulut.

Adapun kondisi cuaca di Sulut saat ini juga dipengaruhi badai tropis Hagupit pada hari ini di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina kurang lebih 1.000 kilometer arah timur laut dari Kabupaten Talaud.

"Badai tersebut terbentuk di Samudera Pasifik sebelah utara Papua dan bergerak ke arah barat menuju Filipina. Diperkirakan esok hari (hari ini) akan sampai ke wilayah Filipina," katanya.

Saat badai tersebut berada di sebelah utara Papua memberikan dampak pada bertambahnya curah hujan yang terjadi di Sulut, yaitu pada 2 Desember lalu. Untuk saat ini, umumnya jika badai tersebut sudah berada di sekitar Filipina kondisi cuaca di Sulut sebagian besar cerah hingga berawan. Tetapi masih berpotensi terjadi hujan intensitas ringan yang bersifat lokal hanya di beberapa tempat.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas