Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ngapak Balikpapan Peduli Galang Dana Untuk Banjarnegara

Ngapak Balikpapan Peduli ini dibentuk untuk menyikapi bencana alam tanah longsor di banjarnegara

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Ngapak Balikpapan Peduli Galang Dana Untuk Banjarnegara
TRIBUN KALTIM / AMANDA LIONY
Rapat bersama pembentukan Ngapak Balikpapan Peduli, di Aula Panti Asuhan Al Mu min, Minggu (14/12/2014). 

TRIBUNNEWS.COM.BALIKPAPAN - Posko Ngapak Balikpapan Peduli mulai terbentuk lewat rapat bersama antara Forum Silaturrahim Warga Brebes-Tegal-Pemalang (Bergalang) dan Paguyuban Ngapak Banyumasan (Pangaban), Minggu (14/12/014) malam, yang digelar di aula Panti Asuhan Al Mu'min, jalan Al Makmur II RT 039, Balikpapan Selatan.

Ngapak Balikpapan Peduli ini dibentuk untuk menyikapi bencana alam tanah longsor yang terjadi di Dusun Sigemlong, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Jumat (12/12/2014) lalu.

Menurut ketua Ngapak Balikpapan Peduli, Ahmad Norkholish, ini adalah langkah awal warga Ngapak di Balikpapan untuk menyikapi bencana alam tanah longsor yang terjadi di Kebumen tersebut.

"Ini adalah langkah awal kami warga Ngapak, yang merantau ke Balikpapan untuk membantu sesama yang tertimpa musibah. Disini kami pun membantu dengan prosedur-proisedur yang sudah ada, seperti melalui perijinan karena itu merupakan syarat untuk melakukan penggalangan dana secara resmi, agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," jawab Ahmad yang juga kelahiran Banjarnegara itu.

Selan itu, tambah Ahmad lagi, meski nama kegiatannya adalah Ngapak Balikpapan Peduli, bukan berarti hanya masyarakat kelahiran sana yang hanya boleh memberi bantuan.

"Meski namanya Ngapak, bukan berarti hanya warga Ngapak saja yang memberikan bantuan, tetapi juga seluruh masyarakat Balikpapan. Ini kan sifatnya meluas, apalagi untuk kegiatan sosial," tambahnya.

Penggalangan dana ini memang nantinya hanya berupa sejumlah uang saja, mengingat jarak lokasi bencana dengan Balikpapan cukup jauh. "Iya, nanti yang disalurkan hanya berupa uang saja, mengingat jarak lokasi yang jauh," ujar Ahmad lagi.

BERITA TERKAIT

Dalam rapat tersebut, mereka yang hadir turut memberikan sejumlah uang untuk dana awal Ngapak Balikpapan Peduli, dan total yang telah terkumpul malam ini adalah sebesar Rp 1750.000.

Lalu, bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan ada beberapa tempat posko yang bisa dijadikan penyerahan bantuan, diantaranya: (1) Radio Pangaba, jalan Indrakila, nomor 100 B, Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara (ibu Panca 08125378643); (2) Kantor Sekretariat Bergalang, jalan Jenderal Sudirman, RT 21, Balikpapan (call center 085252448888);

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas