Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Karangkobar Longsor, Dusun Jemblung yang Bertetangga Harusnya Segera Direlokasi

Warga Dusun Jemblung Desa Sampang, Banjarnegara, yang bertetangga dengan lokasi longsor, dipertimbangkan untuk segera direlokasi.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Karangkobar Longsor, Dusun Jemblung yang Bertetangga Harusnya Segera Direlokasi
Tribun Jateng/ Fajar Eko Nugroho
Tim Basarnas, Banser, Relawan dan TNI saat melakukan evakuasi di lokasi bencana longsor yang menimpa puluhan rumah di Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar, Sabtu (13/12/2014). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah hidup dalam bahaya bila memilih untuk bertahan, pascalongsor yang memakan puluhan korban jiwa pada Jumat lalu (15/12/2014). Pasalnya ancaman longsor masih terus menghantui.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil JK, kepada wartawan di kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (15/12/2014), mengaku setuju jika warga Dusun Jemblung harus direlokasi.

"Kalau tidak (direlokasi) itu bisa bahaya, masyarakat di bawah tebing-tebing itu harus direlokasi," katanya.

Lebih lanjut JK yang juga merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu mengatakan pemerintah punya anggaran triliunan rupiah untuk menangani bencana, dan salah satunya disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Bukan miliaran tapi triliunan, dan tidak tahu angka pastinya dan itu dapat ditambah, kalau kurang ya ditambah lagi," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap warga Dusun Jemblung dapat dipindah ke lokasi lain yang lebih aman. Hal itu tak lain untuk mengantisipasi jatuhnya korban bila bencana serupa terulang.

Sedangkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Mawan Jafar, mengatakan pihaknya siap merelokasi warga Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. .

"Kalau berkenan untuk transmigrasi ya tidak apa-apa, tapi kalau tidak berkenan bisa relokasi daerah lain," kata Marwan.

Kata dia sejatinya di Pulau Jawa sudah hampir tidak ada lagi lokasi ideal untuk transmigrasi, oleh karena itu ideal nya warga dusun Jemblung harus direlokasi ke luar pulau Jawa. Namun pemerintah masih bisa memfasilitasi jika warga masih ingin direlokasi ke lokasi yang tidak jauh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas