Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jangan Percaya Calo, Masuk Polri Tanpa Bayar

"Hindari calo, tidak ada masuk Polri bayar. Jangan siapkan uang, tempa fisik dan kemampuan akademis," tegas Soelistijono.

zoom-in Jangan Percaya Calo, Masuk Polri Tanpa Bayar
Theresia Felisiani/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM,BANGKALAN - Rekurtmen anggota Polri tahun angkatan (TA) 2015 dipastikan tanpa dipungut biaya sepersen pun alias gratis seperti rekrutmen tahun - tahun sebelumnya.

Hal itu ditegaskan Kapolres Bangkalan AKBP Soelistijono di sela - sela Road Show Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri TA 2015 Polda Jatim di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Kamis (15/1/2015).

"Hindari calo, tidak ada masuk Polri bayar. Jangan siapkan uang, tempa fisik dan kemampuan akademis," tegas Soelistijono.

Ia menerangkan, pandangan masyarakat terkait uang titipan untuk biaya rekurtmen Polri tidak benar karena kelulusan calon polisi tidak ditentukan dengan jumlah besaran uang.

"Coba Anda buka berita sosok Bripda Taufik di Tribun Jogja yang tinggal di bekas kandang sapi. Uang tidak menjamin lulus proses rekurtmen Polri," terangnya.

"Ada serangkaian tes psikologi, tes fisik, dan tes akademik yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan pengetahuan umum," papar Ari Wibowo yang juga menjabat Kasubag Pengendalian Personel (Dalpers) Polda Jatim.

Ia mengatakan, bagi siswa yang ingin berkarier dan mengabdi untuk negara melalui kepolisian harus mempersiapkan diri fisik, psikologi, dan akademik sejak dini.

BERITA TERKAIT

"Tanpa ada persiapan, anda tidak bisa lolos. Siapkan latihan fisik seperti lari, sit up, dan renang. Kalau besok tes dan anda baru latihan hari ini, bohong anda bisa lulus," katanya.

Di samping itu, lanjutnya, masih harus melalui tahapan pemeriksaan elektrokardografi, pemeriksaan laborat meliputi urine, hamatologi, hermoglobin, hitung jenis leukosit, laju endap darah, dan hitung trombosit.

"Aspek tinggi badan, struktur tulang, bentuk kaki apakah ada trauma bekas operasi, respon pendengaran, termasyk kesehatan organ dalam," pungkasnya.

Berdasarkan data rekurtmen di tahun 2014, Polda Jatim menjadi polda tertinggi dengan jumlah rekurtmen sebanyak 27 ribu. (Ahmad Faisol)

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas