Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Basarnas Putuskan Angkat Body Pesawat Sekaligus

"Kami akan coba opsi kedua, jadi tidak menyelami lagi. Kami akan mengangkat bagian-bagian pesawat, utamanya adalah mengangkat badan pesawat,"

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Y Gustaman
zoom-in Basarnas Putuskan Angkat Body Pesawat Sekaligus
Puspen TNI/Puspen TNI
KRI YOS SUDARSO BAWA TIM PENYELAM PASANG MOORING BOUY - Kapal Republik Indonesia (KRI) Yos Sudarso-353 membawa personel Tim Penyelam TNI AL bergerak ke lokasi titik koordinat badan pesawat AirAsia QZ-8501 dalam rangka pemasangan Mooring Bouy (tanda lokasi) guna menyiapkan evakuasi korban maupun badan pesawat di perairan Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis pagi (15/1/2015). (Puspen TNI) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALANBUN - Badan SAR Nasional menyudahi upaya pengangkatan jenazah satu persatu dengan cara penyelaman ke dalam badan pesawat AirAsia QZ851 di dasar Laut Jawa dekat Selat Karimata, Kalimantan Tengah, terhitung Jumat (16/1/2015).

Basarnas memutuskan untuk mengangkat sekaligus badan pesawat yang diperkirakan di dalamnya masih terdapat banyak jenazah.




"Kami akan coba opsi kedua, jadi tidak menyelami lagi. Kami akan mengangkat bagian-bagian pesawat, utamanya adalah mengangkat badan pesawat," kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya FHB Soelistyo di posko pencarian, Lanud Iskandar, Pangkalanbun, Kalteng, Jumat (16/1/2015).

Soelistyo menyampaikan keputusan itu sepulang memimpin koordinasi evakuasi jenazah dari kapal KN Pacitan di Laut Jawa.

Menurut Soelistyo, keputusan ini diambil setelah upaya evakuasi jenazah dari badan pesawat dengan teknik penyelaman tidak efektif lagi karena arus deras bawah laut. Ia memastikan sebagian besar jenazah penumpang dan awak masih terperangkan di dalam badan pesawat.

Basarnas sudah menyiapkan tiga opsi untuk pengangkatan badan pesawat dan bagian pesawat lainnya. Hingga memasuki hari ke-20, tim SAR baru menemukan 51 jenazah dari 162 penumpang dan awak pesawat.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas