Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganti Rugi Korban Lapindo Disiapkan Rp 781 Miliar

Setelah pembayaran ganti rugi terkatung-katung lama, sebentar lagi korban lumpur dapat bernapas lega.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Ganti Rugi Korban Lapindo Disiapkan Rp 781 Miliar
surya/eben haezer panca
Warga menyaksikan seni instalasi patung di sekitar pusat semburan lumpur Lapindo, Desa Siring, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (29/5/2014). Pemasangan patung-patung tersebut untuk memperingati sewindu semburan lumpur Lapindo. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Setelah pembayaran ganti rugi terkatung-katung lama, sebentar lagi korban lumpur dapat bernapas lega. Pasalnya tahun ini sisa ganti rugi dipastikan akan dilunasi semua.

"Pelunasan ganti rugi untuk korban Lumpur Lapindo akan dilakukan sebelum akhir tahun ini (2015)," tegas Gubernur Jatim Soekarwo, Rabu (18/2/2015).

Jaminan tersebut, kata Pakde Karwo, diberikan karena uang untuk membayar sisa ganti rugi sudah ditalangi pemerintah melalui anggaran APBN 2015 dan tinggal mencairkan.




"Nilainya sebesar Rp 781 miliar," tandasnya.

Dana tersebut untuk membayar sisa ganti rugi sekitar 20 persen dari 640 hektare tanah yang harus dibeli Lapindo dan sampai saat ini uangnya masih belum dibayarkan.

Nah, sisa 20 persen inilah yang akan dibeli oleh pemerintah. Untuk mengembalikan uang talangan tersebut ke pemerintah, Lapindo diberi waktu selama empat tahun.

Pakde Karwo yang juga Anggota Dewan Pengarah Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) ini menambahkan, saat ini tinggal menentukan lembagan yang ditunjuk untuk proses pencairan.

BERITA TERKAIT

Apakah akan ditangani oleh BPLS sendiri atau membentuk lembaga baru untuk menjalankan tugas tersebut.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas