Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buah Jeruk di Kendal Menyerupai Tangan Manusia

"Begitu diberi tahu ada jeruk bertangan saya tiap hari datang untuk melihat," katanya.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Buah Jeruk di Kendal Menyerupai Tangan Manusia
kompas.com
Jeruk nipis berbentuk mirip jari-jari tangan manusia. 

TRIBUNNEWS.COM, KENDAL- Ada hal unik. Buah jeruk yang tumbuh di Dusun Badaan, RT 6/RW 6, Desa Bebengan, Kecamatan Boja, Kendal berbentuk seperti tangan. Pohon jeruk milik Romani (53) itu, ada 5 buah yang berbentuk seperti jari tangan.

Buah jeruk yang menyerupai jari-jari tangan itu membuat heboh warga sekitar dan orang pun berdatangan untuk melihatnya secara langsung. Sania Runi, siswa SD Kedong Sari, Singorojo terkesima dengan buah jeruk yang berbentuk tangan. "Begitu diberi tahu ada jeruk bertangan saya tiap hari datang untuk melihat," katanya.

"Ada 5 buah," ungkap pemilik buah jeruk, Romani (53). "Ada saudara dari Surabaya datang untuk melihat," tambahnya.

Romani mengetahui adanya buah jeruk berbentuk jari tangan ini pada Rabu (20/5) kemarin. "Saya diberitahu oleh istri saya (Yulianti) pada Senin (18/5) tapi saya ga hiraukan," ujarnya.

Romani menanam buah jeruk ini selepas berkunjung ke Yogyakarta. Di Yogyakarta, ia bertemu dengan teman Yulianti. "Kami berkunjung ke teman lama saya sewaktu zaman sekolah SPG dan diberi pohon buah jeruk," ungkap Yulianti.

Romani menerangkan, buah jeruk ini merupakan kali pertama berbuah. Dan, sejumlah warga pun berdatangan untuk melihat

BERITA REKOMENDASI

Kasi Bidang Holtikultura Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogo Jati menerangkan bahwa buah yang ada di Boja berjenis Buah Tangan Budha.

"Buah ini memang tergolong jarang, karena tidak dapat dimakan. Di Jawa Timur, buah ini dijadikan sebagai ritual dalam sebuah upacara," jelasnya. Menurutnya, keberadaan jenis buah jeruk ini sudah lama. Dan, buah jeruk ini dapat ditanam di beberapa lokasi. Namun, di Kabupaten kendal, baru ada di Boja. (*)

Penulis: YS Adi Nugroho

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas