Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Gerebek Pabrik Mi Berformalin, Produksi 2 Ton Mi per Hari

Pemilik pabrik ditetapkan sebagai tersangka.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Polisi Gerebek Pabrik Mi Berformalin, Produksi 2 Ton Mi per Hari
TRIBUN JABAR/IDA ROMLAH
Petugas Polres Cirebon Kota menunjukkan mi berformalin yang terbungkus plastik di atas mobil pikap, di Mapolres Cirebon Kota, Jumat (12/6/2015) siang. Mi tersebut merupakan sitaan dari pabrik mi milik D (43) di Desa Gesik, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. 

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Unit Tindak Pidana Tertentu Satuan Reserse dan Kriminal Polres Cirebon Kota bersama Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon menggerebek sebuah pabrik mi berformalin di Desa Gesik, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jumat (12/6/2015).

Sebanyak dua mobil mi basah siap edar diamankan ke Mapolres Cirebon Kota, dan pemilik pabrik ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Eko Sulistyo Basuki mengatakan, pabrik mi basah tersebut rata-rata memproduksi mi sebanyak 2 ton per hari. Mi tersebut dijual ke pasar-pasar tradisional di wilayah 3 Cirebon yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Selain itu, mi juga diedarkan sampai ke Tegal, Jawa Tengah.




"Rata-rata produksinya 2 ton per hari, dan mi diedarkan ke wilayah 3 Cirebon dan Tegal, Jawa Tengah," kata Kapolres saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (12/6/2015) siang.

Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun, pabrik mi sudah beroperasi sejak 1990-an. Namun sejak 2000, pabrik tersebut dikelola oleh D (43) yang merupakan anak dari pemilik pertama.

Kapolres bercerita, penggerebekan pabrik mi berformalin ini berawal dari sidak di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon. Saat sidak gabungan antara Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan kepolisian, ditemukan mi mengandung formalin.

Atas temuan itu, kemudian tim menelusuri ke pabriknya. Ternyata pabrik mi berformalin tersebut berada di Desa Gesik, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

BERITA TERKAIT

"Saat kami gerebek, pabrik tengah beraktivitas. Di sana juga ada pemilik dan delapan orang karyawan," ujar Kapolres. (roh)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas