Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dukung Industri Maritim, Pria Ini Ciptakan Software Model-model Kapal Phisi

Software buatan Ali bernama software powersim. Fungsinya ini untuk meningkatkan daya saing pembuatan kapal dan mempercepat industri maritim di Indones

Editor: Sugiyarto
zoom-in Dukung Industri Maritim, Pria Ini Ciptakan Software Model-model Kapal Phisi
surya/ sany eka putra
Ali Yusa, ketika menunjukkan aplikasi software powersim ciptaannya, Rabu (15/7/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Industri Kecil Menengah (IKM) Kapal Rakyat Jawa Timur yang belum banyak dikenal membuat praktisi galangan kapal rakyat, Ali Yusa, mengembangkan inovasi baru berupa software.

Software buatan Ali bernama software powersim. Fungsinya ini untuk meningkatkan daya saing pembuatan kapal dan mempercepat industri maritim di Indonesia.

Ali menjelaskan bagaimana software ini digunakan ketika akan memulai usaha, terutama pada pembuatan kapal rakyat.

“Ketika akan membuat kapal, para perancang ini memilih bentuk model kapal seperti apa yang akan dibuat. Nah dengan aplikasi ini, bisa mempermudah pemilihan model kapal yang akan dibikin,” terangnya ketika dikonfirmasi Surya, Rabu (15/7/2015).

Menurutnya, aplikasi tersebut akan menghubungkan sumber daya manusia, infrastruktur serta rasio keuangan yang diperoleh nanti.

Ali menyayangkan industri kecil yang kurang mendapat perhatian pemerintah, sehingga menurutnya sangat perlu untuk dikembangkan.

“Apalagi kan Indonesia ini banyak daerah pesisirnya, sehingga perlu memanfaatkan industri kecil yang bergerak di bidang pembuatan kapal,” terangnya.

BERITA TERKAIT

Aplikasi yang dibuat selama kurang lebih satu tahun, sejak bulan September 2014 hingga Juni 2015 ini, menghabiskan biaya Rp 30 juta.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas