Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uniknya Gereja Ayam Curi Perhatian Media Asing

Bangunan raksasa berparuh dan berekor seperti ayam ini mengundang sejumlah media asing

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Sanusi
zoom-in Uniknya Gereja Ayam Curi Perhatian Media Asing
dailymail
Gereja Ayam dikelilingi hutan lebat, di daerah Magelang, Jawa Tengah 

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Bangunan raksasa berparuh dan berekor seperti ayam ini mengundang sejumlah media asing untuk membagikan keunikannya di dunia maya.

Namanya memang Gereja Ayam, namun sebenarnya bangunan ini bukanlah gedung gereja atau gedung berbentuk ayam. Lantas, bangunan tua apa yang berdiri di Magelang, Jawa Tengah ini?

Menurut sang pembuat bangunan, Daniel Alamsjah (67), bangunan ini sebenarnya adalah sebuah rumah doa, yang dirancang berdasar bentuk merpati.

Inspirasi pembangunan itu diakuinya datang melalui sebuah "wahyu dari Tuhan", yang membuatnya berinisiatif untuk membangun sebuah rumah doa sebagai tempat doa umat segala kepercayaan.

"Mungkin karena saya seorang Kristen, orang-orang jadi mengira saya membangun sebuah gereja," kata Daniel.

Benar saja, hampir seluruh umat segala kepercayaan, termasuk Budha dan Islam, dikatakan sering ditemui beribadah di tempat ini.

Selain itu, bangunan ini juga dikatakan sering digunakan untuk tempat rehabilitasi atau terapi anak-anak penyandang disabilitas, pecandu narkoba, orang yang mengalami gangguan jiwa, dan orang kerasukan.

BERITA TERKAIT

Bangunan yang berbentuk seperti ayam raksasa ini berlokasi di tengah hutan, sebelah barat Candi Borobudur. Jika dilihat dari atas, kepala ayam itu menghadap tepat ke arah Borobudur.

Di bagian dalam gereja, dapat ditemukan 12 bilik-bilik doa dan sebuah ruangan seperti tempat pertemuan yang besar.

Sekilas terlihat rumah doa ini seperti belum selesai proses pembangunannya, sebab rumah itu memang sempat ditutup pada 2000 lalu, lantaran tak mampu membiayai ongkos konstruksinya.

Kini, setiap pengunjung rumah doa itu diperingatkan agar berhati-hati, sebab struktur bangunannya sangat rawan untuk runtuh.

Berbentuk unik, bangunan ini tak hanya mengundang sejumlah media lokal untuk meliput penampakannya, tetapi juga beberapa media asing seperti Daily Mail dan Huffington Post.

Huffington Post bahkan membandingkan bangunan ini dengan gedung gereja unik yang berlokasi di Florida, Church by the Sea, yang dikatakan strukturnya terlihat seperti wajah anak ayam.
(The Huffington Post/Daily Mail)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas