Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesawat Tempur Hawk MK53 Jadi Koleksi Anyar Museum TNI AU

Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) atau yang kerap masyarakat menyebut Museum Dirgantara memiliki koleksi pesawat baru

Editor: Sugiyarto
zoom-in Pesawat Tempur Hawk MK53 Jadi Koleksi Anyar Museum TNI AU
Tribun Jogja/Santo Ari
Saat ini Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) atau yang kerap masyarakat menyebut Museum Dirgantara memiliki koleksi pesawat baru untuk dipemerkan, yakni pesawat tempur Hawk MK 53. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Saat ini Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) atau yang kerap masyarakat menyebut Museum Dirgantara memiliki koleksi pesawat baru untuk dipemerkan, yakni pesawat tempur Hawk MK 53.

Dengan penambahan ini, maka koleksi pesawat di museum Dirgantara bertambah menjadi 43 pesawat berbagai jenis.

Kepala museum Kol Sus Sudarno, mengungkapkan Museum Dirgantara yang terbesar di kawasan Asia Tenggara ini sebelumnya menyimpan 42 koleksi pesawat terbang dan sekarang menjadi 43 pesawat.

Semua koleksi tersebut tertata dalam dua tempat, yaitu 36 pesawat dalam ruang alutsista dan 6 pesawat lainnya di halaman museum.

Lebih lanjut, Pesawat Hawk MK 53 sekarang menjadi penghuni baru bagi Museum Dirgantara mandala, dan akan menambah semarak heterogen koleksi museum, berdampingan bersama A4 Skyhawk, AV10 Bronco, dan TU-16 Badger.

“Shelter yang diperuntukkan pesawat jenis HawkMK 53 ini berada berada di halaman samping kanan dengan luas 20 kali 11 meter dengan lantai cor dan bangunan tahan gempa. Hawk MK 53 bersebelahan dengan pesawat jenis TU 16 buatan Uni Soviet,” jelas Kol Sus Sudarno.

BERITA REKOMENDASI

Pesawat Hawk MK-53 sendiri pertama kali didatangkan pada 1 September 1980 sebanyak dua pesawat dengan tail number TT-5301 dan TT-5302.

Setelah itu 20 pesawat jenis sama didatangkan hingga pada 6 maret 1984 pemerintah mendatangkan MK-53 dengan tail number TT-5320 sebagai pesawat hawk terakhir. (tribunjogja.com)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas