Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sinar Mas Dirikan Posko Asap

Warga terus diingatkan untuk menggunakan masker untuk kegiatan di luar rumah.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Sinar Mas Dirikan Posko Asap
TRIBUN/ABRIANSYAH LIBERTO
Sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan dibantu Manggala Agni dan TNI mencoba memadamkan api yang membakar lahan di Desa Pulo Sembabu, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (5/9/2015). APP Sinar Mas turun tangan mendirikan posko penanggulangan asap. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan produsen pulp dan kertas APP Sinar Mas mendirikan posko pengobatan peduli asap di kawasan padat penduduk Kelurahan Ogan Baru, Palembang, 13-18 Oktober 2015.

Sebanyak 150 orang warga memanfaatkan posko kesehatan ini pada hari kedua, Rabu, untuk memeriksakan kesehatan pada dokter dan mendapatkan obat-obatan secara gratis.

Salah seorang warga sekitar posko, Temu (41), mengatakan, tertarik mendatangi posko ini karena anak balitanya sejak sebulan terakhir ini menderita batuk dan pilek akibat kualitas udara yang memburuk.

"Kebetulan ada posko pengobatan gratis, jadi saya manfaatkan karena jika harus ke puskesmas, tempatnya agak jauh. Sementara ini, cukup berjalan kaki saja," kata Temu.

Masnamah (65), warga lainnya mengatakan juga merasa terbantu oleh keberadaan posko ini karena sejak beberapa pekan menderita batuk.

"Sebenarnya bisa ke puskesmas, tapi agak jauh lokasinya. Lebih baik memanfaatkan posko kepedulian perusahaan ini karena juga diperiksa dokter dan diberi obat, selama ini saya hanya obat warung saja dan tidak sembuh-sembuh," kata warga Jalan Kemas Rindo, Kertapati ini.

Ketua Tim Kesehatan dari Rumah Sakit Eka Hospital, Dokter Subianto mengatakan sebagian besar pasien mengeluh atas penurunan kondisi saluran pernapasan sejak satu bulan terakhir.

BERITA TERKAIT

"Jika dilihat secara rata-rata, sebagian besar pasien menderita infeksi saluran pernapasan sedang, belum bisa dikatakan akut. Ada yang sudah akut tapi hanya satu hingga dua orang saja. Kemudian sakit lainnya yakni iritasi mata dan alergi kulit," kata dia.

Kondisi infeksi saluran pernapasan ini, menurut Subianto, sebagian besar menimpa balita dan batita, dan lansia.

"Persoalannya mengapa penyakit ini agak sulit disembuhkan karena anak kecil biasanya menelan dahak, sementara lansia kesulitan mengeluarkan dahak," kata dia.

Terkait kondisi cuaca yang belum membaik saat ini, ia mengingatkan ke warga untuk menggunakan masker untuk kegiatan di luar rumah, dan sedapat mungkin menghindari aktivitas di pagi dan sore hari karena kabut asap terbilang lebih pekat.

"Tipsnya jika sudah terkena infeksi harus minum obat karena dapat membantu sekitar 30 persen, tapi yang terpenting yakni pencegahan karena dampaknya bisa 50 persen. Pencegahan ini seperti minum suplemen, contohnya minum vitamin C yang harganya tidak terlalu mahal," kata dia.

Sementara itu, selain membangun posko di Palembang, APP Sinarmas juga melakukan kegiatan serupa di kawasan Sungai Baung, Ogan Komering Ilir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas