Tribun

Hari Santri

Peringati Hari Santri Nasional, Santri Yogya Pilih Peran Sebagai Penengah

Memperingati Hari Santri Nasional sekaligus memperingati momen resolusi jihad, ratusan santri Yogyakarta menggelar aksi damai

Editor: Sugiyarto
Peringati Hari Santri Nasional, Santri Yogya Pilih Peran Sebagai Penengah
Tribun Jogja/Khaerur Reza
Ratusan santri Yogyakarta menggelar aksi damai di simpang Tugu Pal Putih Yogyakarta, Kamis (22/10/2015) siang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA -  Memperingati ditetapkannya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional sekaligus memperingati momen resolusi jihad, ratusan santri Yogyakarta menggelar aksi damai di simpang Tugu Pal Putih Yogyakarta, Kamis (22/10/2015) siang.

Dengan menggunakan sarung dan peci serta berbagai macam spanduk, massa yang menamakan diri aliansi santri nusantara yang terdiri dari bebagai macam elemen seperti IPNU, IPPNU, PMII dan Santti dari Pondok Pesantren di Yogyakarta, melakukan orasi di Tugu Pal Putih Yogyakarta dengan membawa pesan-pesan toleransi.

Koordinator Umum Aksi, M Farigh Rangkuti, mengatakan dalam aksi yang dilakukan para santri Yogyakarta ini untuk kembali meneguhkan sosok santri sebagai penengah, yang menengahi beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.

"Kami melihat sudah mulai terkikisnya toleransi di sini, kondisi Yogya saat ini menjadi nomer 3 dalam hal intoleransi di Indonesia," ujarnya.

Para santri ini juga mengapresiasi langkah presiden Jokko Widodo (Jokowi) yang sudah menetapkan hari santri nasional.

"Itu memberi kami momen bahwa santri masih eksis dan tidak terkikis zaman, walaupun santri identik sarungan namun sebenarnya banyak hal yang kita perjuangkan dibelakang terkait dengan toleransi dan persatuan," tambahnya.

Dalam aksinya para santri juga melantunkan sholawat serta membacakan tahlil di tengah arus lalu lintas di tengah ramainya arus lalu lintas di Tugu Pal Putih. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas