Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kebakaran Hutan Gunung Lawu, Api Mulai Mendekati Jalan Raya wilayah Jawa Tengah

Sejumlah warga di sekitar lokasi maupun pengguna jalan yang melintas menghentikan kendaraan di sekitar pintu masuk Cemoro Sewu.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kebakaran Hutan Gunung Lawu, Api Mulai Mendekati Jalan Raya wilayah Jawa Tengah
joglo Semar
Kebakaran Gunung Lawu Mendekati Pemukiman Warga 

TRIBUNNEWS.CON, MAGETAN -  Api yang membakar hutan Gunung Lawu di jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, Minggu (25/10/2015) sore terlihat mendekati permukiman warga di sekitar Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur dan perbatasan jembatan jalan raya Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah.

Informasi yang dihimpun, sejumlah warga di sekitar lokasi maupun pengguna jalan yang melintas menghentikan kendaraan di sekitar pintu masuk Cemoro Sewu.

Sementara itu, Komandan SAR Karanganyar, Muhammad Abdullah mengungkapkan api mendekati jalan raya di wilayah Jawa Tengah. Ratusan sukarelawan masih berupaya memadamkan api. Api merambat ke dekat jembatan itu.




"Api semakin besar karena cuaca dan angin. Pergerakan api cepat. Antisipasi supaya enggak geser ke Jateng, sejumlah mobil pemadam kebakaran menyemprot air di jalan dekat jembatan," ungkapnya.

Asisten Perhutani Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Marwoto, membenarkan kejadian itu. Dia menceritakan api membakar hutan di wilayah kerjanya pada pukul 14.00 WIB. Menurut dia, api cukup besar. Tetapi petugas di lokasi berhasil memadamkan api pukul 17.00 WIB.
Atas kejadian itu, Marwoto menuturkan Perhutani belum menghitung luas lahan yang terbakar. Rencana penghitungan pada Sabtu (24/10) urung dilakukan karena hutan kembali terbakar.

"Iya terbakar lagi di atas rumah di dekat pintu masuk Cemoro Sewu. Tadi siang besar. Ini masih diatasi udah. Kita belum menghitung luasan yang terbakar. Kan mau dihitung kemarin [Sabtu] tapi terbakar lagi," paparnya. [JogloSemar.co]

Penulis: Rudi Hartono

BERITA TERKAIT


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas