Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dana Reses Rawan Digunakan Kampanye Pilkada, Panwaslu Minta Masyarakat Ikut Pantau

“Laporan masyarakat itu sangat kami butuhkan,''ujarnya.

Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Dana Reses Rawan Digunakan Kampanye Pilkada, Panwaslu Minta Masyarakat Ikut Pantau
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Pawai kendaraan sebagai rangkaian Deklarasi Pilkada Damai 2015 mengawali pelaksanaan kampanye Pilkada Kabupaten Nunukan 2015. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN  -  Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Nunukan berharap masyarakat di setiap kecamatan memantau pelaksanaan reses anggota DPRD Kabupaten Nunukan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Nunukan Rahman mengatakan, perlu dukungan dari masyarakat untuk melakukan pemantauan dimaksud.

Sebab, penggunaan dana reses ini rawan disalahgunakan untuk kepentingan kampanye salah satu pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Nunukan.

“Para anggota dewan diberikan fasilitas dan dana reses. Ini penggunaannya untuk menyerap aspirasi masyarakat yang menjadi konstituennya. Tetapi jangan sampai disalahgunakan,” ujarnya, Minggu (1/11/2015).

Panwaslu Kabupaten Nunukan memiliki personel hingga di kecamatan.

Namun keterbatasan personel itu tidak akan bisa melakukan pemantauan secara maksimal, sehingga dibutuhkan keterlibatan masyarakat.

BERITA TERKAIT

“Laporan masyarakat itu sangat kami butuhkan,''ujarnya.

Rahman mengatakan, perlu memastikan jika agenda reses ini benar-benar tidak disalahgunakan. Apalagi mereka menggunakan fasilitas negara.

Menurutnya, sebagai anggota partai politik tentu anggota DPRD Kabupaten Nunukan juga terlibat untuk memenangkan pasangan calon yang diusung partainya.

“Tetapi bagaimanapun dana reses tidak boleh digunakan kegiatan kampanye menjelang pilkada. Sanksinya anggota dewan bisa dipidana jika melakukan penyimpangan dana itu untuk kegiatan sosialisasi maupun program pemenangan calon,” katanya.

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas