Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kecelakaan Tol Cipali Dalam Angka yang Perlu Anda Tahu

Faktor terbanyak penyebab 88 kecelakaan sepanjang jalur Tol Cikopo-Palimanan selama enam bulan operasi karena kesalahan manusia.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
zoom-in Kecelakaan Tol Cipali Dalam Angka yang Perlu Anda Tahu
ISTIMEWA/DOKUMENTASI KABID HUMAS POLDA JAWA BARAT, SULISTYO PUDJO HARTONO
Kondisi kecelakaan maut di Tol Cipali km 137, Kamis (3/12) pagi. Kabid Humas Polda Jawa Barat, Sulistyo Pudjo Hartono (jaket kulit hitam) melihat langsung lokasi kejadian. Menurutnya, 11 tewas dan tiga luka berat. 

Laporan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Faktor terbanyak penyebab 88 kecelakaan sepanjang jalur Tol Cikopo-Palimanan selama enam bulan operasi karena kesalaham manusia.

Berdasarkan data Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Sulistyo Pudjo Hartono, jumlah kecelakaan tercatat di Tol Cipali pada 14 Juni sampai 4 Desember 2015 berjumlah 88 kejadian.




Dari 88 kejadian itu, kata Sulistyo, 34 kecelakaan terjadi di jalur A (Cikopo-Palimanan), sedangkan di jalur B (Palimanan-Cikopo), tercatat sebanyak 54 kejadian.

"Setidaknya 53 kasus kecelakaan di Tol Cipali diakibatkan kondisi sopir yang mengantuk," kata Sulistyo melalui pesan singkatnya kepada Tribun Jabar, Minggu (6/12/2015).

Sulistyo menambahkan, jam rawan kecelakaan di Tol Cipali mulai pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB, sebanyak 34 kasus kecelakaan terjadi di antara jam tersebut.

"Wilayah rawan kecelakaan di Tol Cipali di jalur A ada di KM 166 sampai 175, wilayah hukum Polres Majalengka. Di jalur B ada di KM 76 sampai 85, wilayah hukum Polres Purwakarta," imbuh dia.

BERITA TERKAIT

Total korban meninggal di kedua jalur itu, lanjut Sulistyo, berjumlah 33 orang, sedangkan korban luka, yakni 17 orang mengalami luka berat dan 92 orang mengalami luka ringan.

Sebanyak 17 korban tewas akibat kecelakaan di ruas jalan Tol Cipali di Kabupaten Indramayu dalam waktu sepekan terakhir ini.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas