Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tercatat 55 Konflik Sumber Daya Alam di Riau Sepanjang 2015

Sepanjang 2015 terjadi 55 konflik sumber daya alam di Riau meliputi 36 di sektor perkebunan, 18 di kehutanan dan satu di tapal batas.

Penulis: Budi Rahmat
Editor: Y Gustaman
zoom-in Tercatat 55 Konflik Sumber Daya Alam di Riau Sepanjang 2015
Ulet Ifansasti/Greenpeace
Keindahan hutan Taman Nasional Tesso Nilo, Riau, terancam oleh ekspansi perkebunan kelapa sawit yang tidak bertanggung jawab. Foto diambil pada 9 September 2011. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Lembaga kemitraan sosial Scale UP Riau mengkonfirmasi sepanjang 2015 terjadi 55 konflik sumber daya alam di Riau meliputi 36 di sektor perkebunan, 18 di kehutanan dan satu di tapal batas.

Luasan konflik kehutanan di Riau sepanjang 2015 mencapai 92 ribu hektare dan sektor perkebunan sebagai penyumbang terluas yang mencapai 51 ribu hektare lebih.

Terkait konflik-konflik yang terjadi, Scale UP memandang perlunya beberapa rekomendasi yang setidaknya meminimalisir konflik tersebut di kemudian hari.

"Perlunya dibentuk lembaga penyelesaian konflik di tingkat daerah, kemudian membangun strategi penyelesaian konflik bersama para pihak. Harus ada peraturan yang membatasi perizinan skala besar," terang Direktur Eksekutif Scale Up, Harry Oktavian di sela ekspos akhir tahun Konflik Sumber Daya Alam, Pekanbaru, Senin (4/1/2016).

Harry berujar, mesti adanya kebijakan yang memastikan ruang kelola bagi masyarakat adat atau lokal, plus pengembangan program pembangunan yang berorientasi pada ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas