Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Warga Temukan Batu Prasasti Kerajaan Sriwiijaya

Batu sungai yang memiliki corak goresan dan bermotif, diduga peta Kuno pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Warga Temukan Batu Prasasti Kerajaan Sriwiijaya
Sriwijaya Post/Welly Hadinata
Batu sungai yang memiliki corak goresan dan bermotif, diduga peta Kuno pada masa Kerajaan Sriwijaya. 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Welly Hadinata

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG --- Batu sungai yang memiliki corak goresan dan bermotif, diduga peta Kuno pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Batu ini ditemukan warga Dusun Gunung Agung Lama, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam Sumsel.

Peneliti Senior Balai Arkeologi Palembang Retno Purwanti mengatakan dilihat dari bentuk dan jenis batu yang ditemukan warga Dusun Gunung Agung Lama, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara yang diduga Peta Kuno kemungkinan besar adalah Prasasti.

"Jika dilihat dari bentuk dan jenisnya batu ini kemungkinan besar parasasti, dan kemungkinan juga prasasti zaman Sriwijaya," ujar Retno dihubungi Sripoku.com.

Diakuinya dari jenis tulisan juga dirinya menduga bukan asal guratan tapi menunjukan makna tertentu dari tulisan yang bisa dibaca.

"Tapi semuanya masih harus diteliti lebih mendalam untuk melihat kepastiannya apakah memang benar-benar prasasti atau bukan. Namun dari tulisan yang terlihat sudah banyak yang hilang tergerus waktu," jelasnya.

Jika batu tersebut benar prasasti maka akan menjadi penemuan yang fenomenal di tahun dan abad ini sebab dilihat sekilas tulisan yang ada merupakan tulisan yang lazim dipakai di zaman sriwijaya.

"Kita berharap jika sudah diteliti dengan seksama kita akan tahu apa makna dari tulisan yang ada," katanya.(Welly Hadinata)

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Sugiyarto
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas