Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat: Kelompok Teroris Bom Sarinah Terorganisir dan Sudah Terlatih

Para teroris yang melakukan pengeboman dan penembakan secara brutal di tengah kerumunan warga dianggap sangat berani dan terorganisir.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pengamat: Kelompok Teroris Bom Sarinah Terorganisir dan Sudah Terlatih
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Polisi bersenjata lengkap berjaga disekitar kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016). Sejumlah pelaku teror melakukan peledakan dan penembakan kepada polisi dan warga didaerah Sarinah, Jakarta Pusat, mengakibatkan korban tewas serta terluka. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Teror bom yang terjadi di Sarinah Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1/2016) menyisakan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia, terkhusus di ibu kota Jakarta.

Para teroris yang melakukan pengeboman dan penembakan secara brutal di tengah kerumunan warga dianggap sebagai sesuatu yang sangat berani dan terorganisir.

Pengamat Politik dan Hukum Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Arkam Azikin mengatakan, para teroris di Jakarta adalah orang yang sudah terlatih khusus.

"Teroris yang beraksi di Jakarta melakukan perlawanan terbuka dengan aparat polisi dengan cara melemparkan granat, artinya kelompok teror ini sudah mendapatkan latihan khusus dalam melakukan serangan di tengah kota," kata Arkam, Jumat (15/1/2016).

Arkam mengatakan teror ini ditujukan kepada pimpinan institusi keamanan dan pimpinan lembaga-lembaga negara sebab berani muncul di pusat ibu kota negara dan melakukan aksinya di siang hari.

"Metode peledakan siang hari, dengan pelakunya muncul tanpa penutup wajah memperlihatkan eksistensi kelompok terorisme dengan terbuka kepada pemerintah, ini sebuah lompatan keberanian yang dilakukan oleh kelompok ini," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Arkam juga menganggap serangan teror di tengah Kota Jakarta sebagai upaya para teroris untuk menunjukkan keberadaannya sehingga mudah diliput oleh media baik nasional maupun luar negeri.

"Sarinah Thamrin sebagai titik serangan sangat strategis bagi kelompok teroris untuk menunjukkan eksistensi teroris ini. Karena tidak jauh dari kantor pemerintahan seperti Menkopolkam, Kementerian Pertahanan dan Istana Presiden," kata Arkam.

"Ini bentuk teror yang pertama dilakukan secara terbuka di tengah masyarakat dan di depan aparat kepolisian. Polri dan TNI perlu perketat koordinasi intelijen untuk menangkal ancaman terorisme selanjutnya," tambahnya.

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas