Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Gunung Bromo Meletus hingga 62 Kali

Di tengah-tengah statusnya yang masih Siaga, mulai Kamis (21/1/2016) dini hari hingga pagi tadi berkali-kali Gunung Bromo meletus.

Editor: Dewi Agustina

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Gunung Bromo menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan.

Di tengah-tengah statusnya yang masih Siaga, mulai Kamis (21/1/2016) dini hari hingga pagi tadi berkali-kali Gunung Bromo meletus.

Sebagaimana yang terekam petugas pantau dan dilaporkan ke BMKG Juanda pagi tadi, telah terjadi gempa letusan sampai 62 kali.

Bahkan yang mencemaskan, ketinggian semburan debu vulkanik yang dimuntahkan Bromo mencapai 1.800 meter dari puncak atau 4129 mdpl.

Lebih tinggi dari yang terjadi selama ini. Asap putih kelabu itu terus menebal dan membumbung. Tekanannya juga makin kuat. Debu vulkanik ini bergerak ke tenggara.

"Terdengar pula suara dentuman dan gemuruh dari kawah," kata petugas kepada BMKG Juanda.

Sementara saat ini, secara visual di Gunung Bromo dalam kondisi cuaca cerah. Angin tenang, suhu 11-13°C. Gunung Bromo tampak jelas. Namun terlihat sinar api sesekali samar-samar di Gunung Bromo.

BERITA TERKAIT

Pantauan Seismik terjadi gempa tremor amax: 2-17 mm dominan 4 mm. Terjadi gempa vulkanik Amax: 27mm, Lg: 10.73 detik. Kemudian terjadi 62 kali Gempa Letusan Amax: 16-36mm, Letusan: Lg: 10-53 detik.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas