Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kenali Gejala Orang Terkena Virus Zika dan Solusi Penanganannya

Virus Zika termasuk kategori sebagai virus berbahaya jika menyerang manusia, karena dapat mengakibatkan kematian penderitanya.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
zoom-in Kenali Gejala Orang Terkena Virus Zika dan Solusi Penanganannya
inquisitr.com
Virus Zika menyerang anak-anak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Gejala manusia terserang virus Zika hampir menyerupai gejala infeksi virus akut pada umumnya yakni mengalami panas lima sampai tujuh hari, terdapat ruam di tubuh, merasa linu, sakit kepala hebat, dan mata memerah.

"Yang dikhawatirkan dari virus Zika itu jika menyerang ibu hamil. Sebab bisa mengganggu pertumbuhan janin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, kepada Tribun Jabar, Senin (1/2/2016).

Dinas Kesehatan Kota Bandung belum menemukan warga terserang virus Zika yang dapat mengakibatkan kematian penderitanya.

Namun, virus Zika termasuk kategori sebagai virus berbahaya jika menyerang manusia, sebab tak ada yang tahu jumlah virus yang masuk dan kondisi tubuh ketika diserang virus tersebut.

"Jadi semua berbahaya untuk kita. Kalau DBD ada syok, sedangkan virus Zika ada batasan ringan dan berat. Hanya ditakutkan adanya kemungkinan mengganggu pertumbuhan janin," ujar Ahyani.

Virus Zika sampai saat ini belum ada obat atau antivirusnya, namun Ahyani menyarankan warga untuk melakukan beberapa hal jika terkena virus Zika.

BERITA TERKAIT

"Pertama hilangkan gejala dengan mengkonsumsi obat penurun panas, istirahat cukup, minum, dan makan tinggi protein yang diharapkan bisa melawan virus. Itu standarnya," kata Ahyani.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas