Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelaku Teror Bom Rakitan di Jambi Ungkap Keterlibatan Bandar Narkoba

Teror bom rakitan bikinan Hendri Kusmadi yang meledak di sebuah ruko membongkar sepak terjang bandar narkoba di Jambi.

Penulis: Dedi Nurdin
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pelaku Teror Bom Rakitan di Jambi Ungkap Keterlibatan Bandar Narkoba
TRIBUN JAMBI/DEDI NURDIN
Suasana rumah tersangka Wak Hen di jalan Jawa, Rt 22, Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung tampak sepi, Jumat (29/1/2016) sore. Pelaku di lingkungannya terkenal tertutup. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Dedi Nurdin

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Teror bom rakitan yang meledak di sebuah ruko dan menggegerkan warga pada Rabu pagi pekan lalu ternyata dilatarbelakangi kasus narkotika.

Berdasar pemeriksaan sementara, penyidik berhasil menggali keterangan pelaku teror bom, Hendri Kusmadi, karena merasa tertipu oleh tiga rekan dalam perkongsian narkotika.

Hendri telah menyerahkan uang Rp 62 juta kepada Sapta Ujang untuk membeli 500 butir pil ekstasi yang rencananya akan diedarkan di Jambi, namun berbilang sebulan barang pesanan tak kunjung datang.

"Barangnya ditunggu dari awal sampai akhir Januari tidak datang, akhirnya dia melakukan teror bom kepada temannya tadi," ujar Kapolda Jambi, Brigjen Musyafak, Senin (1/2/2016).

Tersangka meneror temannya menggunakan bom yang ia rakit sendiri di antara komposisinya adalah bahan petasan, paku, dan bohlam lampu.

"Dia otodidak, dia punya hobi berburu dan sering perbaiki senjata. Dia juga pernah ditahan di Sarolangun karena kasuS senjata api," imbuh Musyafak.

BERITA REKOMENDASI

Terkait pesan dalam bom yang diledakkan, Musyafak menambahkan, tersangka sengaja menuliskan tiga nama rekannya agar polisi bisa menyelidiki kasus narkoba.

"Motifnya dia sakit hati, jadi dia tinggalkan pesan tentang nama-nama temannya yang juga terkait narkoba, dengan harapan polisi bisa menangkap. Artinya biar sama-sama masuk penjaralah begitu," imbuh dia.

Berangkat dari kasus ini, personel Polda Jambi masih memburu nama-nama yang terungkap dalam pesan yang ada di bom rakitan milik Hendri, satu di antaranya Sapta Ujang.

"Dari kasus ini terungkap ada pemain narkoba atas nama SU, sekarang kita kordinasi dengan Mabes Polri dalam memburu pelaku ini. Sementara dua nama lainnya kita periksa sebagai saksi," imbuh Kapolda Jambi.

Sumber: Tribun Jambi
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas