Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

47 Pasien Demam Berdarah di RSUP Kandou Didominasi Anak-anak

Pasien demam berdarah di Rumah Sakit Umum Pusat Kandou Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, sampai Februari 2016 mencapai 47 orang.

Penulis: Ferdinand Ranti
Editor: Y Gustaman
zoom-in 47 Pasien Demam Berdarah di RSUP Kandou Didominasi Anak-anak
Tribun Manado/Ferdinand Ranti
Sudah 47 pasien demam berdarah yang ditangani RSUP Kandou di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (3/2/2016). Mayoritas mereka anak-anak usia di bawah 10 tahun. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ferdinand Ranti

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Pasien demam berdarah di Rumah Sakit Umum Pusat Kandou Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara, sampai Februari 2016 mencapai 47 orang.

Direktur Utama RSUP Kandou Malalayang, Maxi Rondonuwu, mengatakan pasien DBD meningkat dari hari ke hari.

"Mungkin Maret akan mengalami peningkatan. Kalau dilihat, pasien DBD terbanyak yang dirawat. Hampir semua kecamatan di Kota Manado. Selanjutnya Di daerah Minahasa Selatan dan Minahasa Utara," ujar Rondonuwu kepada Tribun Manado, Rabu (3/2/2016).

Menurut dia, secara epidemiologi, penyebaran penyakit ini sudah masuk kejadian luar biasa, karena pada periode yang sama di tahun lalu tidak terjadi seperti tahun sekarang.

Rondonuwu merinci 47 pasien terdiri dari 35 pasen terkena Dengue Haemorrhagic Fever
(DHF) dan 12 pasien terkena Dengue Shock Syndrome (DSS).

Aisya Tondelilis satu dari sekian orangtua pasien yang merawat anak pertamanya, Marsya Pade (6) di RSUP Kandow Malalayang.

BERITA TERKAIT

"Waktu itu saya panik anak saya panas dan muntah-muntah. Kami langsung membawa ke rumah sakit dan kata dokter terkena DBD. Untung saya cepat membawa ke rumah sakit," cerita Aisya.

Di Ruang Irina E, selain Marsya, terdapat puluhan anak-anak lain yang menjadi pasien DBD dan kebanyakan mereka berusia di bawah 10 tahun.

Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas