Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Bali, Kasus DBD Menurun tapi Pasien Meninggal Bertambah

Jika di tahun 2015 ada sekitar 1000 kasus, untuk 2016 ini dalam periode Januari kemarin hanya 473 kasus.

Penulis: I Made Ardhiangga
Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Di Bali, Kasus DBD Menurun tapi Pasien Meninggal Bertambah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ILUSTRASI - Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah Depok, Sawangan, Jawa barat, Selasa (2/2/2016). Akibat membludaknya pasien DBD sejak 1 hingga 26 Januari 2016 dengan total 126 pasien, sebagian pasien rawat inap terpaksa harus dirawat di lorong rumah sakit. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Made Ardhiangga

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR  -  Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami penurunan di Bali dalam periode Januari hingga Februari awal ini.

Dari data pihak Dinas Kesehatan Propinsi Bali, kasus DBD mengalami penurunan drastis di banding periode yang sama pada Januari 2015 lalu.

Seperti yang disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali, Ketut Suarjaya, menyatakan, untuk periode Januari antara tahun ini dengan tahun lalu, penurunan kasus DBD cukup signifikan.

Yakni, jika di tahun 2015 ada sekitar 1000 kasus, untuk 2016 ini dalam periode Januari kemarin hanya 473 kasus.

"Kalau untuk periode sama-sama Januari antara tahun ini dan tahun lalu, mengalami penurunan. Sejak Desember kemarin juga menurun," ujarnya, Rabu (3/2/2016) kepada Tribun Bali.

Namun, untuk kasus kematian sendiri, dari 1000 kasus ‎di 2015 lalu, hanya menyebabkan satu orang pasien meninggal. Berbeda halnya, dengan sedikitnya kasus di tahun ini, yang sudah menelan korban jiwa 3 warga di Bali.

BERITA TERKAIT

"Untuk tahun lalu 1 meninggal. Kalau sekrang 3. Ada di Jembrana, Gianyar dan Denpasar, masing-masing daerah 1 orang pasien yang meninggal," tukasnya.

Dia menambahkan, untuk penurunan kasus itu sendiri, dikarenakan sudah lebih disiplinnya masyarakat atas himbauan-himbauan oleh pihak Dinas Kesehatan.

Seperti membuat satu jemantik dan pola penerapan 3M, serta diadakannya fogging secara berkala.

"Padahal, untuk bulan Januari hingga April adalah periode kasus DBD di Bali," ujarnya. (*)  

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas