Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

FSPMI: PP No 78 Tahun 2015 Timbulkan PHK Massal

Peraturan Pemerintah No 78 tahun 2015 menyangkut pengupahan tidak hanya merugikan buruh dari sisi keuangan.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Dewi Agustina
zoom-in FSPMI: PP No 78 Tahun 2015 Timbulkan PHK Massal
Tribun Medan/Array A Argus
Massa FSPMI menuntut pencabutan PP No78 tahun 2015 menyangkut pengupahan, Sabtu (6/2/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Peraturan Pemerintah No 78 tahun 2015 menyangkut pengupahan tidak hanya merugikan buruh dari sisi keuangan.

Peraturan itu juga dianggap merugikan kalangan buruh lantaran banyak yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kita sudah berulang kali mengingatkan pemerintah untuk mencabut peraturan ini. Tapi apa kenyataannya, peraturan ini belum juga dicabut sehingga menyebabkan PKH massal di sejumlah daerah di Indonesia," teriak massa buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara, saat melakukan aksi Sabtu (6/2/2016) siang.

Adapun jumlah perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran ditaksir mencapai puluhan. Jika ini terus dibiarkan, maka terciptalah pengangguran besar-besaran.

"Beberapa perusahaan yang sudah melakukan PHK besar-besaran di antaranya Panasonic, Toshiba, Sharp dan Sony. Selain itu, ada pula Rinai dan Ford," teriak massa aksi.

Para buruh berpendapat, kemelut ini harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Jika ini dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin akan timbul konflik antara buruh dan pemangku kekuasaan.

BERITA TERKAIT

"Ini tidak boleh kita biarkan kawan-kawan. Kalau peraturan ini belum dicabut, tentu kesengsaraan akan menghampiri kita," kata para buruh.(ray/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas