Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Militer Lanud Adisucipto Temukan Satu Sumber Laser yang Ganggu Penerbangan

Operasi yang dipimpin Komandan Satpom Lanud Adi Sucipto Letkol Pom Yudi Pratikno dan Polres Sleman berhasil menemukan satu sumber laser.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Polisi Militer Lanud Adisucipto Temukan Satu Sumber Laser yang Ganggu Penerbangan
Tribun Jogja/Khaerur Reza
Komandan Satpom Lanud Adi Sucipto Letkol Pom Yudi Pratikno bersama tim. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Menindaklanjuti kasus laser hijau yang mengganggu penerbangan di Yogyakarta, Minggu (20/3/2016) malam, Anggota Lanud TNI AU Adi Sucipto bekerjasama dengan Polres Sleman melakukan pelacakan.

Hasilnya operasi yang dipimpin Komandan Satpom Lanud Adi Sucipto Letkol Pom Yudi Pratikno dan Polres Sleman berhasil menemukan satu sumber laser tersebut.

"Hasilnya ditemukan sumber laser dari Jogja Bay yang ada di wilayah Sleman dan langsung kami lakukan sosialisasi dan pengarahan," jelas Kapentak Lanud Adi Sucipto Mayor Sus Giyanto.

Lebih lanjut Giyanto menjelaskan awalnya pihaknya melihat sinar laser terlihat tampak kuat menyorot angkasa, disinyalir berasal dari kawasan Jogja Bay yang ada di Depok Sleman bagian utara dari pangkalan udara.

Dari sana kemudian dilakukan pelacakan, penggambaran lokasi serta pencarian langsung yang dipimpin Komandan Satpom Lanud Adi Sucipto Letkol Pom Yudi Pratikno beserta belasan anggota serta beberapa anggota Polres Sleman.

Hasilnya sumber sinar laser diketahui berasal dari sebuah tower setinggi 25 meter yang ada di kawasan Jogja Bay.

BERITA REKOMENDASI

Letkol Pom Yudi Pratikno kemudian melakukan sosialisasi kepada pengelola serta meminta laser segera dimatikan dan ke depan tidak boleh lagi dihidupkan.

"Karena belum ada UU nya mal ini baru dialkukan sebatas sosialisasi, ke depan akan dilaksanakn sosialisi dengan payung hukum. Setelah itu, jika ada ditemukan lagi yang melanggar akan dtindak tegas sesuai hukum," ujarnya.

*Komandan Satpom Lanud Adi Sucipto Letkol Pom Yudi Pratikno bersama tim (ist)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas