Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dana Desa Percepat Proses Pembangunan Infrastruktur Desa Panjunan

Masyarakat Desa Panjunan, Kecamatan Sukodon, Kabupaten Sidoarjo mengaku sangat senang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Presiden Jokowi.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dana Desa Percepat Proses Pembangunan Infrastruktur Desa Panjunan
Dody/Humas Kemendes
Menteri Desa Marwan Jafar memberikan pengarahan kepada Kades Panjunan Kecamatan Jemundo Kabupaten Sidoharjo Jawa Timur, Ahwan. 

TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Masyarakat Desa Panjunan, Kecamatan Sukodon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, mengaku sangat senang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Presiden Joko Widodo, terutama terkait penyaluran Dana Desa.

Pasalnya, sejak ada program Dana Desa, masyarakat desa setempat sangat merasakan manfaat dari dana yang dikucurkan pada tahun 2015 lalu itu.

"Masyarakat sini (Desa Panjunan) sangat senang dengan program Dana Desa ini, karena dengan Dana Desa kita bisa mempercepat proses pembangunan infrastruktur yang nantinya juga akan dimanfaatkan rakyat," ungkap Kepala Desa Panjunan, Ahwan, saat menerima kunjungan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Jumat (8/4/2016).

Ahwan menjelaskan, masyarakat Desa Panjunan selama ini merasa cukup kesulitan menggunakan akses jalan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi, di desa tersebut tercatat ada 18 home indutsri yang menjadi salah satu aktivitas perekonomian masyarakat setempat.

"Dengan adanya DD ini kita bangun jalan, untuk mempermudah roda perekonomian desa (home industri) yang sudah terbangun sejak lama," katanya.

Selain digunakan untuk membangun jalan, Panjunan yang mendapatkan Dana Desa sekitar Rp 704 juta itu juga digunakan untuk membangun saluran irigasi di setiap RT di desa tersebut.

BERITA TERKAIT

"Disini ada 13 RT, dan yang sudah dibangun selokan atau saluran irigasi 6 RT. Nanti dari DD tahun 2016 ini akan kita lanjutkan pembuatan irigasi di 7 RT lainnya, yakni dari RT 7 sampai RT 13," kata Ahwan.

Ahwan mengatakan, DD yang didapatkan pada tahun 2015 itu juga dipergunakan untuk merenovasi gedung Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita di Desa Panjunan.

"Dua tahun belakangan TK itu rusak, atapnya juga sudah keropos. Semoga dengan direnovasi ini, anak-anak di desa sini semangat lagi belajarnya," ujarnya.

Menteri Desa, Marwan Jafar, mengatakan, Desa Panjunan merupakan salah satu dari 2.605 Desa yang ada di Sidoarjo Jawa Timur dengan memiliki potensi home industri dan pertanian.

Dengan penggunaan Dana Desa tahun 2015 yang dipergunakan untuk infrastruktur itu diharapkan dapat memperlancar mobilitas perekonomian masyarakat desa setempat.

"Saya sangat senang, penggunaan Dana Desa di Desa Panjunan ini sudah dapat dinikmati masyarakat sekitar. Saya berharap ini dapat meningkat laju perekonomian desa ini, mengingat potensi ekonomi masyarakatnya di bidang home industry dan pertanian," ujarnya.

Marwan berharap, Desa Panjunan melanjutkan pembangunan yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat melalui DD tahun 2016.

"Apalagi tahun ini mereka mendapatkan Dana Desa lebih besar lagi dari tahun sebelumnya, yaitu Rp 1 miliar. Saya berharap Dana Desa itu dimanfaatkan secara maksimal, sehingga proses pembangunan di Desa Panjunan ini bisa lebih cepat tercapai," harapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas