Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kabupaten Bojonegoro Wakili Indonesia dalam Ajang Open Government Partnership

Kabupaten Bojonegoro dan 14 daerah terpilih mendapatkan pendampingan dari sekretariat OGP untuk menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD).

Kabupaten Bojonegoro Wakili Indonesia dalam Ajang Open Government Partnership
Tribunnews/Fitri Wulandari
Konferensi pers Bojonegoro wakili Indonesia dalam ajang open government partnership 

Laporan Wartawan Tribunews Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Terpilihnya Kabupaten Bojonegoro mewakili Indonesia sebagai daerah percontohan dalam ajang 'Open Government Partnership (OGP) Subnational Government Pilot Program' sukses membuat negara ini diperhitungkan.

Bojonegoro serta Seoul (Korea Selatan) menjadi daerah percontohan mewakili Asia, dan bersanding dengan 13 kota besar di dunia dari 45 kota yang mendaftar pada ajang tersebut.

Selanjutnya, Kabupaten yang berada di wilayah Jawa Timur ini bersama 14 daerah terpilih mendapatkan pendampingan dari sekretariat OGP untuk menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD).

RAD tersebut merupakan sejumlah komitmen yang dibuat untuk memperkuat gerakan-gerakan keterbukaan pemerintah yang sudah ada.

Rencananya, penyusunan tersebut akan dipimpin oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro serta melibatkan partisipasi aktif publik.

Direktur Aparatur Negara, Kementerian PPN/Bappenas sekaligus Koordinator Nasional Open Government Indonesia (OGI), Raden Siliwangi menyatakan, pemerintah pusat akan menangkap, menghargai, dan membantu mengembangkan setiap inovasi kecil yang diprakarsai oleh rekan-rekan di daerah,".

Ia juga menambahkan, keterbukaan bisa dijalin lebih banyak ke daerah dan pemerintah pusat lainnya.

"Hanya dengan demikian, kita mampu menebarkan benih keterbukaan ke lebih banyak daerah maupun instansi pemerintah pusat lainnya," kata Siwi saat konferensi pers di Pisa Kafe, Jakarta Selatan, Kamis.(14/4/2016).

Program Percontohan Pemerintah Daerah Terbuka OGP merupakan program yang pertama kali dilakukan sejak kemitraan OGP terbentuk pada bulan September 2011.

Tujuannya untuk mendukung kemajuan keterbukaan pemerintah sesua dengan aspirasi serta komitmen nyata, seperti yang telah dicanangkan oleh negara-negara anggota OGP.

OGP mendorong negara anggotanya untuk mewujudkan transparansi, partisipasi publik, akuntabilitas, serta inovasi dalam mengelola pemerintahan.

Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas