Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudah Cantik-cantik, Merayu Agar Tidak Merokok, Masih Saja Ada yang Mencibir

Sekelompok perempuan cantik yang tergabung dalam Wanita Indonesia Antitembakau (WIAT) Jawa Timur berkeliling di Stasiun Gubeng

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sudah Cantik-cantik, Merayu Agar Tidak Merokok, Masih Saja Ada yang Mencibir
Surya/Habiburrohman
Anggota Wanita Indonesia Antitembakau (WIAT) Jawa Timur melakukan sosialisasi di Stasiun Gubeng Surabaya, Kamis (14/4/2016). Sosialisasi ini dilakukan secara menyeluruh pada calon penumpang baik pria maupun wanita. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sekelompok perempuan cantik yang tergabung dalam Wanita Indonesia Antitembakau (WIAT) Jawa Timur berkeliling di Stasiun Gubeng Surabaya, Kamis (14/4/2016) sore.

Mereka mendekati para calon penumpang untuk diajak berhenti merokok, atau tidak merokok di berbagai fasilitas umum, termasuk Stasiun Gubeng.

Mudahkah kampanye mereka? Jawabannya tidak. Pada sore itu, calon penumpang ada yang menanggapi kampanye para wanita cantik ini dengan sinis, bahkan mencibir.

"Ya begitulah. Tapi kami tak boleh patah arang. Perjuangan mengkampanyekan antimerokok harus kami gelorakan terus. Kalau tidak kita siapa lagi yang mau peduli," kata Arie Soeripan, Ketua Wanita Indonesia Antitembakau (WIAT) Jatim di Stasiun Gubeng, Kamis (14/4/2016).

Ari bersama rekan-rekannya tahu kalau ajakan untuk berhenti merokok itu akan sulit. Meski demikian, mereka tak akan lelah.

"Dan kalau tidak bisa ya sebaiknya merokok lah di tempat yang sudah disediakan. Tempat khusus. Bukan di tempat umum sehingga mengganggu kenyamanan," kata Samanta Bowlin, aktivis antirokok lainnya.

Walau demikian, adapula calon penumpang yang sepakat dengan aksi aktivis anti rokok tersebut.

BERITA REKOMENDASI

"Harus ada yang mengajak gerakan antirokok. Perempuan-perempuan itu luar biasa mengajak kebaikan di tempat ramai," ujar Hermawan, salah satu penumpang yang seorang dosen.

Untuk diketahui saja, aktivis perempuan antitembakau pernah melakukan kampanye yang sama di Bandara Juanda.

Mereka menjelaskan bahaya rokok, serta membagikan brosur tentang bahaya merokok. (Nuraini Faiq)

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas