Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siap-siap! Agustus Bakal Ada Marathon Toraja 2016

Satu lagi perlombaan lari marathon tingkat internasional akan digelar di Indonesia.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Siap-siap! Agustus Bakal Ada Marathon Toraja 2016
TRIBUN TIMUR/Fahrizal Syam
Panitia Toraja Marathon 2016 saat bertandang ke Kantor Tribun Timur, Kamis (21/4/2016). Toraja Marathon akan digelar Agustus mendatang di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Satu lagi perlombaan lari marathon tingkat internasional akan digelar di Indonesia.

Mengusung tema Tourism Sport, kejuaraan Toraja Marathon 2016 siap digelar 13 Agustus 2016 mendatang, di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan temanya, panitia menggelar lomba tak sekadar adu cepat berlari saja, tapi ada misi mempromosikan Toraja sebagai tujuan wisata budaya di Indonesia, khususnya Sulsel.

"Setelah terjadinya bom Bali, kondisi pariwisata di Toraja ikut menurun, ditambah promosi yang masih belum maksimal. Kita ingin mengembalikan citra wisata Toraja yang sempat unggul dengan menempati peringkat kedua setelah Bali," kata salah satu panitia Toraja Marathon 2016, Lisamerie Parantean.

Panitia yang bekerja sama dengan Exotica Toraja dan Running Explorer mengatakan memilih promosi dengan lomba maraton karena jenis olahraga tersebut cukup populer di tengah masyarakat.

"Kami ingin Toraja kembali dilihat dari segi Budaya, sebagai destinasi sport tourism terbaik di Indonesia, jadi kami pilih marathon karena cukup populer di tengah masyarakat dan biayanya juga murah," ungkap dia.

BERITA REKOMENDASI

Terdapat empat kategori yang akan diperlombakan pada lomba yang menargetkan lebih dari 1000 orang peserta, dan menyediakan hadiah hingga Rp300 juta ini.

"Ada empat kategori yaitu 5K, 10K, half marathon 21K, dan full marathon 42K, dengan jenis lombanya yaitu road marathon dan mix semi trail maraton," jelasnya.

Event ini menargetkan peserta dari kalangan warga Sulsel, wisatawan lokal dan mancanegara, serta pelari amatir dan profesional. Bahkan menurut panitia, ada selebritis tanah air yang telah mendaftarkan diri untuk ikut.

Adapun rute lomba yaitu untuk kategori 5K dan 10K akan start di Rantepao Kabupaten Toraja Utara, sementara untuk kategori marathon akan start di Makale Tana Toraja. Para pelari sendiri akan finisih di Rantepao.

"Kami pisah garis startnya dengan tujuan memberikan persepsi bahwa Toraja itu satu, itu misi Toraja Maraton," beber Lisamerie.

Untuk mengikuti lomba ini, dapat melakukan registrasi secara online dengan mengakaes situs Torajamarathon.com, atau dengan daftar langsung di Wisma Maulu, Rantepao.

Untuk biaya registrasi dibedakan tiap kelasnya yaitu Rp150 ribu untuk 5K, Rp200 ribu untuk 10K, Rp250 ribu untuk 21K, dan Rp450 ribu untuk krlas 42K.

Sedangkan untuk pelari internasional dikenakan tarif berbeda yaitu Rp500 ribu untuk kelas 21K, dan Rp600 ribu untuk full marathon 42K. (*)

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas