Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kerugian Lapas Banceuy Capai Rp 6 Miliar

Kerugian akibat kericuhan dan kebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy diperkirakan mencapai Rp 6 miliar.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kerugian Lapas Banceuy Capai Rp 6 Miliar
Tibun Jabar/Dony Indra Ramadan
Kondisi Lapas Banceuy Bandung yang terbakar akibat kericuhan wara binaan, Sabtu (23/4/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kerugian akibat kericuhan dan kebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy diperkirakan mencapai Rp 6 miliar.

Selain bangunan dan kendaraan operasional, data-data soal warga binaan turut terbakar pada kerusuhan yang terjadi Sabtu (23/4/2016).

"Kerugian Rp 6 miliar secara materil. Tapi kerugian lain-lainnya jauh lebih besar. Misalnya persoalan petugas, persoalan pelayanan, data warga binaan itu jauh lebih besar kerugiannya karena tidak bisa dinilai," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat, I Wayan Sukerta, kepada wartawan di Lapas Banceuy, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (25/4/2016).

Wayan mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM soal data-data warga binaan tersebut. Sebab beberapa data warga binaan yang terbakar itu juga terkait dengan pembebasan bersyarat.

"Semua masih disusun dan koordinasikan dengan direktorat jenderal untuk bisa disusun didapatkan kembali data warga binaan. Data-data tersebut sudah di-backup di kantor kementerian pusat," ujar Wayan.

Soal bangunan yang terbakar, pihaknya akan membangun kembali seperti semula dengan jangka waktu tertentu.

BERITA TERKAIT

Mengenai investigasi internal, kata Wayan, pihaknya menunggu hasil pemeriksaan polisi. Sejauh ini polisi masih meminta keterangan kepada petugas lapas dan seorang warga binaan.

"Secara internal nanti tim inspektorat jenderal akan pendalaman," ujar Wayan. (cis)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas