Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komnas HAM Bakal Selidiki Kematian Undang di Lapas Banceuy

Komnas HAM akan menyelidiki kematian Undang Kosim (54), warga binaan korban penganiayaan petugas Lapas Kelas II A Banceuy.

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Y Gustaman
zoom-in Komnas HAM Bakal Selidiki Kematian Undang di Lapas Banceuy
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Aparat kepolisian mengawal pemindahan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banceuy, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (26/4/2016). Sebanyak 150 warga binaan dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Kebon waru dengan menggunakan enam bus pascakerusuhan di lapas narkoba tersebut. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Komnas HAM akan menyelidiki kematian Undang Kosim (54), warga binaan korban penganiayaan petugas Lapas Kelas II A Banceuy.

Polisi telah menetapkan empat petugas termasuk kepala pengamanan lapas sebagai tersangka atas kasus penganiayaan terhadap Undang.

Komisioner Komnas HAM, Siti Nurlela, mengatakan pihaknya akan mencari tahu penyebab kematian Undang yang disebut-sebut bunuh diri tersebut.

Menurut dia kematian dan kekerasan yang dialami Undang menjadi sorotan Komnas HAM. Sebab hal itu disebut sebagai pemicu kericuhan di lapas khusus kasus narkoba itu.

"Ya nanti kami akan bertemu dengan beberapa pihak. Pihak yang terkait (kematian Undang, red)," ujar Siti kepada wartawan melalui sambungan telepon, Kamis (28/4/2016).

Komisioner Komnas HAM yang pernah menangani kasus Lapas Cebongan itu mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan penilaian apapun soal kematian Undang yang disebut-sebut gantung diri tersebut.

BERITA TERKAIT

Menyusul Keluarga Undang meyakini jika kematian Undang bukan karena gantung diri.

"Masa komentar belum melakukan apa-apa. Nanti dulu. Yang pasti kematian Undang merupakan materi yang akan kami selidiki," sambung Siti.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas