Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Roadmap Wisata Joglosemar Dibagi 8 Cluster

Pengembangan kawasan pariwisata Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar) yang digarap 12 BUMN langsung dikebut.

Roadmap Wisata Joglosemar Dibagi 8 Cluster
Tribunjogja.com/Agung Ismiyanto
Candi Borobudur 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Pengembangan kawasan pariwisata Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar) yang digarap 12 BUMN langsung dikebut.

Roadmap terintegrasi pengembangan Joglosemar mulai disusun.

Setidaknya ada delapan klaster yang bakal disiapkan untuk menggiring kunjungan wisatawan ke kawasan Joglosemar.

Pengembangan destinasi wisata itu meliputi klaster Borobudur dan sekitarnya, Jogja dan sekitarnya, Solo dan sekitarnya, Semarang dan sekitarnya. Selanjutnya, ada klaster Prambanan, klaster Sangiran, klaster Ambarawa dan klaster Dieng.

“Roadmap itu akan dipaparkan akhir Mei 2016. Dalam jangka pendek, pemerintah melakukan standardisasi destinasi yang merujuk pada destinasi internasional, misalnya tiket pariwisata, kebersihan toilet pariwisata hingga manajemen pariwisata agar siap menjadi destinasi kelas dunia,” papar Koordinator Program Spirit Joglosemar, Edi Setijono, Rabu (4/5).

Pelaksanaan pengembangan destinasi wisata dengan spirit Joglosemar sudah dimulai dengan peresmian Stasiun Maguwoharjo, Rabu (27/4) silam.

Stasiun Maguwoharjo nantinya akan disiapkan menjadi stasiun intermoda yang mempertemukan berbagai jenis moda transportasi, seperti kereta api, pesawat terbang, dan bus.

Untuk pengembangan stasiun, Menteri BUMN RIni Soemarno sudah menugaskan PT KAI, PT Angkasa Pura I, Garuda Indonesia, dan Damri untuk bersinergi.

“Goal-nya adalah peningkatan kinerja pariwisata di kawasan Joglosemar, Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar dua  juta pada 2019 sudah dimulai dari sekarang,” terangnya.

Untuk urusan ini, Edi mengaku sudah menyiapkan empat jurus andalan. Yang pertama, peningkatan destinasi pariwisata. Sementara tiga jurus lainnyanya adalah peningkatan fasilitas layanan, aksesbibilitas dan infrastruktur pariwisata serta pemasaran.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas