Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Jebakan Broadcast BBM, Ini Imbauan Polda Jateng

AKBP Sugeng Tiyarto, mengatakan, pembajakan akun BBM yang dialami oleh Nyonyo merupakan tindak pidana.

Penulis: Muh Radlis
Editor: Wahid Nurdin
zoom-in Soal Jebakan Broadcast BBM, Ini Imbauan Polda Jateng
TRIBUN JATENG/MUH RADLIS
Foto percakapan yang dilakukan pelaku penipuan. Jangan sembarang klik tautan broadcast dibbm, karena akun bbm dan email Anda bisa diambil alih untuk melakukan penipuan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Satu persatu rekan rekan Alberto Zensaki mulai mentransfer uang ke rekening pembajak akun Blackberry Messenger (BBM).

Sebelumnya, akun BBM pria yang akrab disapa Nyonyo itu dibajak oleh pelaku melalui pesan bernada mesum berisi sebuah link.

Setelah berkonsultasi sengan penyidik Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng, Nyonyo pun diarahkan untuk melapor secara resmi ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jateng.

Kasubdit II Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng, AKBP Sugeng Tiyarto, mengatakan, pembajakan akun BBM yang dialami oleh Nyonyo merupakan tindak pidana.

Namun Sugeng belum bisa memastikan pasal yang bisa dikenakan untuk pelaku sebelum mengetahui jelas duduk perkaranya.

"Untuk pasalnya nanti kalau sudah dilakukan pemeriksaan," kata Sugeng, Senin (9/5/2016).

BERITA TERKAIT

Sugeng menyarankan kepada korban selain melapor resmi ke kepolisian, korban (Nyonyo) juga meminta rekan rekannya agar menyebarkan informasi terkait akun BBM Nyonyo yang dibajak pelaku.

"Minta ke teman agar menyebarkan informasi itu. Jangan sampai korban semakin banyak. Nomor rekening yang digunakan pelaku itu saya yakin bukan miliknya, kalau ada yang transfer hitungan detik saja sudah hilang itu uang di rekening diambil pelaku," katanya.

Sugeng menghimbau kepada masyarakat agar bijak dan hati hati dalam menggunakan akun media sosial seperti BBM. "Jangan buka link yang tidak jelas," katanya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas